JAKARTA, CEKLISSATU.COM - Sebanyak 5 ruas tol akan diberlakukan sistem arus bebas multilajur atau bayar tol tanpa stop di 3 pulau di Indonesia. Diantaranya di Kalimantan, Balikpapan-Samarinda, Jagorawi, JORR, dan Jakarta-Cikampek.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) rencananya akan melakukan uji coba di Jalan Tol Bali Mandara (BPJT) yang menghubungkan Benoa-Bandara Ngurah Rai-Nusa Dua. Sistem baru ini memungkinkan kendaraan membayar tol tanpa berhenti di pintu tol pada Juni 2023 mendatang.

Rencana uji coba bulan Juni itu diungkapkan Kepala Biro Operasi dan Pemeliharaan BPJT – Kementerian PUPR, Ali Rachmadi. Dalam jumpa pers, Rabu, 08 Februari 2023, Rachmadi mengatakan, uji coba di Jakarta akan dilakukan di jalan tol perkotaan di Jakarta. Di JORR, pengujian jalan tol akan difokuskan pada sektor ramai Ulujami-Pondok Aren-Serpong. Setelah lolos uji coba di Bali, akan diperluas ke lima ruas tol lain di Indonesia mulai Desember 2023.


“Rencana full trial testing ditetapkan pada 05 Desember 2023. Sebelumnya akan dilakukan trial testing di Tol Bali Mandara. Kami akan melihat bagaimana sistem bekerja, dan setelah semuanya diuji kami akan memperkenalkan sistem tersebut ke semua jalan tol," terang Rachmadi.


Sementara itu, Dirjen Pembinaan Pembinaan Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengatakan uji coba diperlukan untuk memastikan sistem baru berjalan lancar dan tol dibayarkan ke operator tol.


Hedy mengatakan uji coba sistem tersebut juga akan memberikan waktu untuk membiasakan masyarakat umum dengan fasilitas baru tersebut.