PURWAKARTA, CEKLISSATU -- Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Suryanto Putra menyebut kesiapan manajemen penanggulangan kebencanaan di Kabupaten Bogor sudah baik. Hal tersebut berdasarkan hasil Rapat Koordinasi (Rakor) Sekretaris Daerah se-Jawa Barat terkait peran pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana di Jawa Barat.

Rakor berlangsung di Harper Hotel, Purwakarta, Senin (27/5/2024). Rakor dipimpin Sekda Provinsi Jawa Barat, Herman Suryatman dan diikuti jajaran Sekda dan Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) se-Jawa Barat.

BPBD Provinsi Jawa Barat menyebut kesiapan manajemen penanggulangan bencana di Kabupaten Bogor sudah baik. Pj Sekda Kabupaten Bogor, Suryanto Putra mengatakan terkait penanggulangan bencana Pemkab Bogor telah melalukan kajian risiko bencana, kemudian juga menyusun penanganan bencana, dengan kajian penanganan bencana dan kajian-kajian lainnya. 

Baca Juga : Suryanto Putra Dilantik sebagai Pj Sekda Kabupaten Bogor di Sukajaya

"Pada 2024 kita sudah lakukan review dan kita akan melakukan penyusunan kajian penanganan dan mitigasi bencana untuk 2024-2029. Itu diharapkan September 2024 ini selesai. Dengan tahapan-tahapan yang dilakukan, berarti kita sudah mempersiapkan, sudah merencanakan bagaimana menghadapi dan memitigasi apa bila terjadi bencana," ucap Pj Sekda.

Selain itu lanjutnya, manajemen penanggulangan dan antisipasi bencana telah disiapkan termasuk SDM-nya juga kesiapsiagaan wilayah terhadap bencana alam salah satunya melalui Desa Tangguh Bencana.

"Baik dari upaya penanganan bencana maupun pasca bencana Alhamdulilah kita sudah dinilai cukup baik. Jadi artinya Kabupaten Bogor dari sisi perencanaan dan manajemen risiko bencana itu, baik penanganan maupun pasca bencana itu sudah siap dan sudah baik," pungkasnya.