BOGOR, CEKLISSATU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor melantik Suryanto Putra sebagai Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, untuk mengisi kekosongan kursi jabatan Sekda sementara waktu selepas ditinggalkan Burhanuddin yang sudah purna jabatan belum lama ini.

Suryanto Putra yang sebelumnya Pelaksana Harian (Plh) Sekda dilantik langsung Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu bersamaan dengan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Lapangan Bola Desa Pasir Madang Kecamatan Sukajaya, Kamis (2/5/2024).

Dirinya akan mengemban tugas sebagai Pj Sekda sambil menunggu hasil open bidding atau lelang jabatan Sekda dari panitia seleksi (pansel) yang masih belum rampung, karena masih dalam proses penjaringan.

Baca Juga : Perebutan Peringkat Ketiga Piala Asia 2024, STY Khawatirkan Wasit VAR

Meski begitu, Pj Bupati Bogor Asmawa Tosepu menjelaskan, jika tugas dan fungsi Suryanto Putra sebagai Pj Sekda tidak akan berbeda dengan Sekda definitif. Dimana harus menyiapkan program pembangunan untuk Kabupaten Bogor untuk beberapa tahun kedepan.

"Walau bagaimanapun juga posisi Sekda adalah jabatan strategis di pemerintahan. Dimana tugasnya juga membantu bupati dan wakil bupati dalam proses pembangunan khususnya di Kabupaten Bogor. Itu penugasan yang diberikan dan sangat sentral di dalam pemerintahan Kabupaten Bogor,” jelas Asmawa Tosepu.

Asmawa pun mengungkapkan, beberapa hari sebelumnya pihak Pemkab Bogor sudah mendapatkan kabar dari Pemprov Jawa Barat mengenai jadwal pelantikan Pj Sekda Kabupaten Bogor

"Kami sudah mendapatkan surat dari Pj Gubernur Jawa Barat terkait penunjukan penjabat sekda Kabupaten Bogor pasca pensiunnya pak Burhanuddin,” ungkapnya.

Pj Bupati Bogor pun mengingatkan agar selama menjabat sebagai Pj Sekda. Suryanto memiliki tugas yang cukup berat, hal itu dikarenakan luasnya wilayah dan banyaknya jumlah penduduk di Kabupaten Bogor, yang membuat tugas Sekda bisa mengakomodir seluruh pembangunan segala sektor di 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor.

“Kami ingin memastikan komitmen bersama seluruh ASN di kabupaten bogor ini untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sesuai dengan tugasnya tidak memilih tempat dimanapun ditugaskan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, sebelum dilantik sebagai Pj Sekda Kabupaten Bogor. Suryanto Putra juga menjabat sebagai Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) dan juga Plh Sekda.