PALEMBANG, CEKLISSATU - Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-630 tujuan Jakarta-Bengkulu melakukan pengalihan pendaratan (divert) ke Palembang (PLM) pada Senin 8 Mei 2023. Langkah ini untuk memastikan keselamatan penerbangan dan kenyamanan penumpang akibat cuaca buruk.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro menjelaskan, keputusan pilot berdasarkan kondisi aktual cuaca buruk atau cuaca yang tidak baik dengan kurangnya jarak pandang.

"Faktor cuaca ini tidak memungkinkan Lion Air untuk mendarat dengan aman di Bandar Udara Fatmawati Bengkulu," jelas dia dalam keterangan tertulis, Selasa 9 Mei 2023.

Lion Air memberikan informasi yang jelas dan terperinci kepada semua penumpang. Pemberitahuan diberikan dengan menyampaikan alasan pengalihan pendaratan sebagai langkah terbaik untuk mengutamakan keamanan dan keselamatan penumpang.

Lion Air penerbangan nomor JT-630 dioperasikan menggunakan Boeing 737-900ER registrasi PK-LHU membawa 188 penumpang dan 7 (tujuh) kru. Pesawat mendarat secara normal di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang pukul 18.44 WIB (GMT+ 07).

Setelah mendapatkan informasi bahwa Bandar Udara Fatmawati Bengkulu telah dinyatakan aman untuk operasional penerbangan, Lion Air kembali melanjutkan penerbangan dari Palembang menuju Bengkulu.

Lion Air penerbangan nomor JT-630 lepas landas dari Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang pukul 19.59 (GMT+ 07) dan sudah mendarat di Bandar Udara Fatmawati Soekarno Bengkulu pukul 21.00 WIB.