BOGOR, CEKLISSATU - Keluarga memegang peran yang sangat penting dalam persiapan menuju generasi emas Indonesia pada tahun 2045. 

Hal ini menjadi sorotan utama dalam acara Hari Lahir (Harlah) ke-7 Komunitas Keluarga Markonah (Kokemah), yang dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Bogor, Yane Ardian, bersama Wali Kota Bogor Bima Arya, di Lantai 1 Mal BTM Bogor, kemarin.

Yane Ardian mengungkapkan apresiasi terhadap peran Kokemah dalam mendukung keluarga-keluarga di Bogor. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya mendukung tema Harlah ini, yaitu "Bersama tak harus sama, kita saling mendukung," dengan tujuan bersama untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan memberikan dukungan yang diperlukan kepada anak-anak.

Baca Juga : Oknum Guru yang Diduga Lecehkan Siswinya Ditangkap Polisi

"Saat ini, Indonesia memiliki populasi sekitar 270 juta jiwa, di mana 30 persennya adalah anak-anak. Pada tahun 2045, generasi saat ini yang masih anak-anak akan menjadi generasi yang aktif dalam produktivitas. Oleh karena itu, persiapan yang matang dalam keluarga menjadi sangat krusial," ucapnya.

Yane menekankan bahwa perlunya upaya keras dalam mendampingi perkembangan anak-anak, baik secara fisik maupun dalam hal kemampuan, pergaulan, kecerdasan, dan pemikiran. Upaya ini harus dipantau dan diperhatikan dengan serius.

Yane juga mengajak Kokemah untuk terus aktif dalam pemantauan dan memperkuat peran keluarga dalam mendampingi anak-anak yang sedang tumbuh dan berkembang. 

"Tumbuh kembang anak, dipengaruhi oleh dua faktor utama yakni peran orangtua dan keluarga serta faktor lingkungan, yang harus didampingi bersama demi masa depan gemilang Indonesia," katanya.