BOGOR, CEKLISSATURibuan orang berasal dari 40 kecamatan se-Kabupaten Bogor mengikuti pawai ta’aruf Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-46 tingkat Kabupaten Bogor, berlangsung di Gunung Mas Cisarua, Bogor, Senin (19/8/2024).

Pawai ta’aruf dibuka Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Suryanto Putra dimulai dari lapangan area Gunung Mas Puncak, kemudian berakhir di rest area Puncak.

Pawai ta’aruf adalah rangkaian acara pembukaan MTQ Ke-46 tingkat Kabupaten Bogor, dengan total rute pawai ta’aruf yang dilalui para kafilah sepanjang 1.539 Km.

Tahun ini Kecamatan Cisarua pertama kalinya menjadi tuan rumah MTQ tingkat Kabupaten Bogor setelah 40 tahun menanti.

Baca Juga : MTQ Ke-46 Tingkat Kabupaten Bogor: 140 Dewan Hakim, Panitera dan Sekretaris Majelis Dikukuhkan

“Alhamdulillah rangkaian acara pawai ta’aruf MTQ Ke-46 tingkat Kabupaten Bogor telah selesai. Tuan rumahnya Kecamatan Cisarua,” ungkap Pj Sekda Kabupaten Bogor, Suryanto Putra dalam keterangan resminya. 

Pawai MTQ 2.webp
PAWAI: Pawai Ta’aruf Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-46 tingkat Kabupaten Bogor, berlangsung di Gunung Mas Cisarua, Bogor, Senin (19/8/2024). FOTO: DISKOMINFO

“Ini sejarah, karena sudah 40 tahun berlalu, Kecamatan Cisarua baru sekarang bisa menjadi tuan rumah. Semoga semua bisa berjalan sesuai rencana,” tambahnya.

Ia berharap, dengan antusias semua peserta pawai ini dan semua kafilah, serta dukungan seluruh unsur yang ada bisa menjadi semangat untuk pelaksanaan MTQ.

“Serta dukungan semua unsur yang ada bisa menjadi semangat pelaksanaan MTQ, sehingga berjalan sukses dan lancar. Malam ini kita akan melaksanakan pembukaannya,” jelasnya.

Baca Juga : Ubah Sertifikat Analog jadi Sertifikat Tanah Digital, Pj Sekda Kabupaten Bogor: Suatu Keharusan yang Tak Bisa Ditunda

Ketua Panitia MTQ Ke-46 Kabupaten Bogor, Zaenal Ashari mengatakan, MTQ setiap tahun diselenggarakan, sedangkan jumlah kecamatan ada 40. Sehingga bilamana salah satu kecamatan menjadi tuan rumah, akan menjadi tuan rumah lagi di 40 tahun yang akan datang.

Pawai MTQ 3.webp
PAWAI: Pawai Ta’aruf Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke-46 tingkat Kabupaten Bogor, berlangsung di Gunung Mas Cisarua, Bogor, Senin (19/8/2024). FOTO: DISKOMINFO

“Momentum MTQ di Cisarua ini sangat baik sekali, karena Cisarua baru kali pertama menjadi tuan rumah. Maka ini luar biasa dan sangat istimewa untuk Kecamatan Cisarua,” terangnya.

Selain itu lanjut Zainal, Cisarua bukan hanya terkenal sebagai destinasi wisata, namun juga terkenal wilayah yang religious, karena banyak tokoh agama di Cisarua. 

Pihaknya ingin syiar agama Islam dilakukan berbeda dengan apa yang dilakukan di daerah perkotaan, artinya syiar Islam dilakukan di daerah pariwisata.

Baca Juga : Silaturahmi Pimpinan Baznas se-Jawa Barat, Pj Sekda Suryanto Putra Harap Dapat Memperkuat Sinergi

“Ini juga bisa mengangkat perekonomian masyarakat di Cisarua, kami mengimbau kepada masyarakat khususnya Cisarua dan sekitarnya mari ramaikan dengan menghadiri MTQ,” tuturnya.

"Sehingga momentum ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan syiar agama Islam di Kabupaten Bogor,” pungkasnya.