BOGOR, CEKLISSATU – Mengisi waktu libur panjang tentu seru dihabiskan di tempat wisata, salah satunya adalah Kebun Raya Bogor.

Kebun Raya Bogor menjadi salah satu destinasi favorit warga, di mana selaian bisa mengenal berbagai jenis tumbuhan, juga dapat menggelar berbagai kegiatan.

Manager Sales & Marketing Kebun Raya Bogor, Susi Suparlina mengatakan, Manager Sales & Marketing Kebun Raya Bogor, Susi Suparlina mengatakan, pada momen libur panjang pekan ini misalnya, beragam kegiatan dilaksanakan untuk memeriahkan Kebun Raya Bogor dan menghibur para pengunjung.

“Kegiatan di Kebun Raya Bogor terdiri dari beberapa macam kegiatan bermanfaat, mulai dari pemeriksaan kesehatan gratis, kelas edukasi, gathering, reuni, latihan pencak silat sampai penampilan kesenian khas Bogor,” kata dia seperti dalam keterangannya, Minggu 12 Mei 2024.

Untuk pemeriksaan kesehatan gratis dilakukan oleh Asian Medical Student Association (AMSA) Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Pertahanan RI (Unhan RI).

“Setidaknya ada 150 orang yang melakukan pemeriksaan mulai dari pemeriksaan tekanan darah sampai kadar gula darah,” ujarnya.

Selain itu, tambah Susi, kegiatan ini sekaligus menjadi kegiatan corporate social responsibility (CSR) dari Kebun Raya Bogor.

Sementara untuk penampilan kesenian diisi oleh musisi atau budayawan Kota Bogor, Kalubo. Mereka menampilkan musik khas negeri Pasundan lengkap dengan busana dan properti yang mendukung.

Kegiatan lainnya adalah kelas edukasi yang diselenggrakan di Griya Anggrek. Melalui kelas edukasi ini, masyarakat bisa belajar tentang Terrarium, mulai dari pemaparan umum, cara perbanyakan, hingga praktik pembuatan.

“Pengunjung yang ingin mengikuti kelas edukasi hanya dikenakan biaya Rp300.000/pax,” jelas Susi.

Kegiatan Kebun Raya Bogor yang tak kalah menarik adalah latihan pencak silat yang rutin dilakukan oleh Perguruan Silat Pusaka Padjajaran.

Susi menyebut, berbagai kegiatan ini diakukan untuk menambah daya tarik pengunjung terhadap Kebun Raya Bogor.

Selain bisa menikmati wisata alam untuk mengenal berbagai jenis tumbuhan, masyarakat juga bisa sekaligus mempelajari kesenian baik musik maupun pencak silat.

Untuk jumlah pengunjung, kata Susi, mengalami peningkatan.

“Jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor terpantau ada peningkatan selama long weekend ini. Semoga semua kegiatan ini bisa menghibur para pengunjung tersebut,” tutup Susi.