BOGOR, CEKLISSATU - Berbagai cara dapat dilakukan untuk memberikan inspirasi kepada generasi muda untuk memulai usaha. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Mahasiswa Sains Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial, Ilmu Politik dan Ilmu Komputer (FISIPKOM) Universitas Djuanda (Unida) Bogor yang mengajak generasi muda untuk membangun usaha melalui Talkshow Kewirausahaan di Radio Republik Indonesia (RRI) PRO 2 Bogor dan live streaming via Youtube Channel Commap TV pada Rabu (19/4/23).

Mengusung tema “It’s Time to Start and be a Young Entrepreneur” siaran di RRI Pro 2 ini merupakan praktik Mata Kuliah Event Organizer yang diampu oleh Dosen Dr. Agustina Multi Purnomo S.P., M.Si bekerja sama dengan RRI PRO 2. 

Baca Juga : AC Milan vs Inter Milan, Laga Calcio Kembali Terjadi di Semifinal Liga Champions 


Dekan FISIPKOM Unida Ginung Pratidina mengapresiasi mahasiswanya yang dapat menginspirasi generasi muda untuk membangun usaha sejak dini melalui berbagai kanal. Dekan Ginung menambahkan bahwa sebelumnya juga ada dua kelompok yang mengadakan webinar nasional kewirausahaan dengan tema yang berbeda. 


"Alhamdulillah praktik mata kuliah EO ini berjalan baik. Siaran ini dilaksanakan oleh Mahasiswa Sains Komunikasi angkatan 2020 kelas sore. Di FISIPKOM Unida sendiri ada 3 program studi yakni Administasi Publik, Ilmu Komputer dan Sains Komunikasi yang mana teori dan praktiknya imbang," kata Dekan Ginung. 


Ketua Pelaksana Dian Wijaya menyampaikan bahwa siaran kewirausahaa ini mengundang Pembicara yang kompeten dengan dipandu oleh Host dari RRI Bogor Dely Tambunan bersama Robby Firliandoko, A.Md., S.I.Kom,. M.Si., sebagai Co-Host yang juga Dosen Universitas Djuanda Bogor. 


"Kami mengucapkan terima kasih kepada RRI Bogor yang telah full support sehingga kami bisa full senyum. Semoga kerja sama ini bisa berlanjut," katanya.


Hadir melalui sambungan telepon, Co-Founder Cafe Seraya Pastry and Coffe Dwi Puspa Buanasari membahas  pengalamannya memulai usaha Resto and Cafe. 


"Yang pertama itu mencoba jangan takut mencoba karna berani mencoba, berarti anda pasti akan bisa, dan berhasil. Yang kedua, memulai bisnis dari hobi, hobi bisa di jadikan ide usaha akan menjadikan peluang usaha yang menghasilkan uang. Yang ketiga, belajar bisnis akan membantu kita lebih siap untuk menghadapi tantangan ketika memutuskan buka usaha pertama kalinya. Yang keempat, Inovasi karena hal ini dapat membawa keunggulan bagi perusahaan melalui penciptaan ide baru, proses baru, produk baru, atau dengan peningkatan kondisi bisnis saat ini. Yang terakhir yaitu beradaptasi dalam dunia bisnis, mereka yang tidak beradaptasi akan tertinggal. Lingkup adaptasi bisnis sangat luas, termasuk adaptasi metode penjualan atau promosi," katanya.


Dwi puspa menambahkan agar jangan takut memulai, memulai dari hal yang sederhana tidak harus bermodal besar. 


"Jika ingin menjadi pengusaha jangan takut, rizky sudah ada yang ngatur tidak akan tertukar," tambahnya.