BOGOR, CEKLISSATU - Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu ingatkan seluruh kepala desa, lurah serta camat yang ada di Kabupaten Bogor untuk selalu siaga, dalam menghadapi cuaca ekstrim yang saat ini melanda di hampir seluruh wilayah Bogor.


Kesiapsiagaan bencana yang dimaksudkan Asmawa Tosepu diantaranya dengan memberikan edukasi kepada warga untuk bersiap dalam mengantisipasi bencana alam.


“Kepada para Camat dan Kepala Desa se-Kabupaten Bogor untuk tidak henti-hentinya mengingatkan kepada masyarakat terkait dengan kewaspadaan bencana ini,” tegas Asmawa Tosepu, Sabtu (20/4/2024).

Baca Juga : Ribuan Warga Hadiri Halal Bihalal Bersama Bacabup Bogor Jaro Ade


Menurutnya kewaspadaan terhadap bencana harus menjadi perhatian bersama antara seluruh aparat di wilayah Kabupaten Bogor juga masyarakat. 


“Kabupaten Bogor dengan bentang alam yang luas dengan kondisi cuaca yang tidak menentu seperti hujan disertai angin kencang. Semua harus tetap waspada terhadap ancaman bencana yang dapat terjadi sewaktu-waktu,” jelas Asmawa Tosepu.


Di wilayah Provinsi Jawa Barat sendiri, berdasarkan prakiraan kondisi global, regional, lokal, model cuaca deterministik dan probabilitas, diperkirakan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di sebagian wilayah Jawa Barat. 


Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat/sangat lebat disertai kilat/petir dan angin kencang yang dapat terjadi pada skala lokal dan durasi singkat pada tanggal 18 - 24 April 2024 di sebagian wilayah berikut Kab dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab dan Kota Sukabumi, Kab Cianjur, Kab dan Kota Bekasi, Kab Karawang, Kab Purwakarta, Kab Subang, Kab Bandung Barat, Kab dan Kota Bandung, Kota Cimahi, Kab Kuningan, Kab Sumedang, Kab Majalengka, Kab Ciamis, Kota Banjar, Kab Pangandaran, Kab dan Kota Tasikmalaya, Kab Garut, Kab Indramayu, Kan dan Kota Cirebon.