BOGOR, CEKLISSATU - Mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 3 Inbound Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor,  kunjungi seminar nasional sebagai bentuk kegiatan refleksi yang bertempat di Gedung Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kota Bogor pada Sabtu (14/10/2023).


Acara yang bertema "Kebijakan Pemerintah Daerah dalam Mewujudkan Good Government" yang diinisiasi oleh Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik (HIMA-AP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNIDA


Faisal Tri Ramdani selaku Dosen Fakultas Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik (FISIP) sekaligus Dosen Pembimbing Modul Nusantara Kelompok 1 menyampaikan, perlunya generasi muda mengetahui dan menggali kebijakan pemerintah daerah untuk memajukan masyarakat dan wilayahnya khususnya wilayah Bogor sebagai lokasi mahasiswa PMM3 Universitas Djuanda berada.

Baca Juga : Unida Lantik 631 Wisudawan dan Kukuhkan Prof. Dr. Sri Harini, Dra., M.Si sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen


“Kegiatan ini termasuk kedalam kegiatan refleksi bagi mahasiswa PMM, selain beberapa pekan kebelakang kita sudah mengunjungi beberapa tempat iconik di Bogor, kita juga perlu mengetahui kebijakan pemerintah daerah khususnya di Bogor untuk mewujudkan Good Government dalam setiap penyelenggaraan pemerintahan yang bertanggungjawab,” ucapnya. 


Dalam rangkaiannya, kegiatan ini diisi oleh dua pembicara, yakni Laniasari selaku Anggota DPRD Kota Bogor dan dilanjutkan dengan kegiatan refleksi yang disampaikan oleh narasumber Dr. Aep Saepudin Muhtar, selaku praktisi dan ahli pemerintahan.


Pembicara pertama mengenalkan pada mahasiswa bahwa good government berarti tata kelola pemerintahan yang baik. Strategi yang digunakan pemerintah daerah demi mewujudkan good government meliputi; transparansi, akuntabilitas, partisipasi masyarakat, efisiensi dan efektifitas. 


Di sisi lain, pembicara kedua mengajak mahasiswa untuk berpikir kritis tentang tantangan-tantangan yang akan dihadapi Indonesia dan dunia beberapa tahun kedepan serta melihat kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah daerah khususnya Bogor dalam mewujudkan Good Goverment.


Ia juga menyampaikan, tugas generasi muda dalam menghadapi tantangan tersebut adalah menjadi individu yang berkualitas.


Nurul Ariska, anggota Modul Nusantara kelompok 1 Sadulur Kadeudeuh mahasiswi asal Universitas Negeri Makassar menyampaikan antusiasnya. 


"Kegiatan ini membuat kita sadar bahwa sebagai mahasiswa kita harus mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan dan mengawal perwujudan good government dalam rangka mencapai kemajuan dan kesejahteraan masyarakat," katanya.