BOGOR, CEKLISSATU ' Kebersihan lingkungan merupakan faktor penentu kenyamanan dan kesehatan bagi masyarakat yang tinggal di dalamnya. Dalam upaya meningkatkan kesadaran kebersihan lingkungan, mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 3 Universitas Djuanda (UNIDA) melaksanakan sosialisasi dan bersih-bersih di Kampung Pabuaran Desa Sukamahi, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor pada minggu (08/01/2024).


Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unida sekaligus Dosen Pembimbing PMM kelompok Sadulur Kadeudeuh, Faisal Tri Ramdani menyampaikan, kegiatan ini merupakan program pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan kontribusi sosial yang mengangkat tema tentang “Sosialisasi Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan Bagi Masyarakat dan Kerja bakti bersama demi terwujudnya Desa Sehat menuju Indonesia Kuat” yang dilaksanakan pada akhir periode kegiatan rangkaian Modul Nusantara.


"Kegiatan kontribusi sosial ini diinisiasi oleh mahasiswa dengan melihat masalah yang terjadi di lingkungan sekitar, masalah utama yang diangkat oleh mahasiswa yaitu tentang pentingnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, dan juga memberikan dampak nyata melalui kerja bakti pembersihan lingkungan dari sampah bersama warga masyarakat,” ucapnya.

Baca Juga : Ribuan APK di Lima KTL Ditertibkan Bawaslu Kabupaten Bogor


Program diawali dengan penyerahan inventaris kebersihan berupa, sapu, alat serok, dan tong sampah yang nenatinya dapat digunakan di lingkungan sekitar. Kemudian dilanjut dengan membersihkan lingkungan sekitaran jalan-jalan dari sampah khususnya sampah rumah tangga bersama perwakilan masyarakat dan RT setempat. 

IMG-20240108-WA0187.webp


Farid selaku Penanggung Jawab kegiatan menyampaikan meningkatkan kesadaran dan mendorong masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan.


"Dengan meningkatkan kesadaran masyarakat, diharapkan masyarakat dapat memahami pentingnya kebersihan lingkungan dan berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan," ungkapnya.


Sofian selaku Ketua RT 02 Kampung Pabuaran menyampaikan rasa terima kasih atas program yang dilaksanakan. Ia juga mengungkap, kebersihan merupakan permasalahan yang perlu ditangani di wilayahnya.


"Terima kasih kepada mahasiswa yang telah berpartisipasi pada kegiatan ini, dan semoga masyarakat bisa lebih sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan," jelasnya.