JAKARTA,CEKLISSATU – Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, operasional pelayanan haji tahun 2023 berjalan baik.

Yaqut menyebutkan bahwa Indonesia tahun ini mendapat kuota dasar sebanyak 221.000 dan tambahan kuota 8.000.

"Pelaksanaan persiapan kuota tambahan ini sedang menunggu Perpres nya," kata Yaqut dalam rapat Persiapan Ibadah Haji 1444 H/ 2023 M, Selasa 6 Juni 2023.

Baca Juga : Penerbangan Terlambat Meski Ongkos Haji Naik

Dalam kesempatan itu juga, Yaqut mengatakan, bahwa pelaksanaan haji tahun ini, jamaah lansia sekitar 67.000 atau sekitar 30% dari total kuota.

Sementara itu Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effedy menyampaikan bahwa pelayanan dan fasilitas kepada jemaah haji di daerah dan di tanah suci secara keseluruhan sudah baik.

"Saya melihat pelayanan kepada jemaah yang diberikan petugas haji cukup baik. Terutama kepada jemaah haji Lansia," kata Muhadjir.

Muhadjir juga menyampaikan bahwa fasilitas-fasilitas yang didapatkan jemaah cukup memadai dan kondisinya baik dimulai dari kamar hotel, tempat tidur, makanan, hingga transportasi dan lain-lain.

"Ke depannya, perlu juga infrastruktur milik Indonesia di Jeddah dalam mendukung musim haji dan umrah. Jemaah haji lansia perlu mendapatkan apresiasi khusus dari pemerintah," tutup Muhadjir.