LABUAN BAJO, CEKLISSATU - Gempa Magnitudo 5,3 mengguncang Laut Flores, wilayah Labuan Bajo, NTT, Jumat 5 Mei 2023 pukul 18.44.04 WIB. 

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa Labuan Bajo ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,1.

Episenter gempa terletak pada koordinat 7,36° LS ; 120,16° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 125 Km arah Barat Daya Selayar, Sulawesi Selatan pada kedalaman 586 km.

Kepala Bidang Gempa dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dalam disebabkan adanya deformasi batuan akibat mekanisme slab pull pada Lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah Laut Flores.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault). Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap modeling), gempabumi ini menimbulkan guncangan di daerah Pasimasunggu, Kepulauan Selayar dengan skala intensitas II - III MMI.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami," katanya.

BMKG mencatat, hingga pukul 18.53 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan. Meski begitu warga diimbau tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya gempa susulan.