BOGOR, CEKLISSATU - Fakultas Teknik Unpak Bogor menggelar seminar internasional mebahas pengembangan infrastruktur kota dan pariwisata sebagai konsep kota berkelanjutan

Empat orang pakar di bidangnya dihadirkan dalam seminar internasional tersebut. Mereka adalah Dosen UTHM Malaysia Prof Kamarulzaki bin Mustafa dari, Dosen Akprind Yogyakarta Samuel Kristiyana dari, Dosen FT Unpak Denny Sukamto Kadarisman, dan Dosen Mitrans Malaysia Prof. Zaharah Mohd Yusoff.

Rektor Unpak, Prof. Didik Notosudjono secara langsung membuka seminar yang diadakan di Aula Fakultas Teknik Unpak, Kamis 30 November 2023. 

Baca Juga : FGD HMI Komisariat Unpak: Antisipasi Politik Identitas dan Pemanfaatan Rumah Ibadah untuk Kegiatan Politik Praktis

Dia mengatakan, seminar ini untuk menjawab tantangan masa kini yaitu pengembangan transportasi, teknologi informasi, dan sumberdaya alam di bidang pariwisata yang ada di perkotaan. Beberapa hal ini haruslah menjadi fokus khususnya untuk kota Bogor dalam mengembangkan kota.

Kedepannya mudah-mudahan Bogor sebagai kota singgah bisa menjadi kota tujuan wisata sebab adanya pengembangan wisata yang berkelanjutan. 

"Pengembangan infrastruktur kota dan pariwisata merupakan upaya menjamin keberhasilan generasi yang akan datang," kata dia. 

Sementara itu Denny Sukamto Kadarisman menerangkan potensi pariwisata yang dimiliki Kabupaten dan Kota Bogor sangatlah besar. Ada beberapa geopark yang bisa dikembangkan menjadi wisata utama di masa depan.

"Kawasan Bogor Barat dan Bogor Timur menawarkan nilai jual pariwisata yang berbeda," ujar dia. 

Menurut Denny, wisatawan dengan minat di bidang geologi, biologi, dan budaya dapat diarahkan ke Geopark Pongkor yang berada di sisi barat. Sedangkan Wisatawan yang menyukai alam, olahraga, pengalaman budaya, aktivitas yang berhubungan dengan kesehatan, kuliner, dan lainnya dapat diarahkan ke Bogor Timur.

"Peran teknologi informasi melalui website pemerintah atau media sosial sangat penting dalam mempromosikan berbagai jenis pariwisata di Kabupaten Bogor," tutup dia.