BOGOR, CEKLISSATU - Musim kemarau saat ini menyebabkan kekeringan di beberapa wilayah, tidak terkecuali di Kabupaten Bogor. Beberapa daerah di Kabupaten Bogor pun sudah mengalami krisis air bersih. Oleh karena itu, Insan Universitas Djuanda (Unida) pada Jumat (25/08/2023) laksanakan Shalat Istisqo, berdoa bersama, bermunajat kepada Allah SWT meminta agar diberikan rahmat berupa turunnya hujan. Bertempat di Lapangan Bina Tauhid Kampus Unida dipimpin langsung oleh Ustadz Saddam Husein, SH., MH Al-Hafidz selaku imam dan Dr. H. Syamsuddin Ali Nasution, MA selaku khatib.


Turut ikut serta, Chancellor UNIDA Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H, Rektor UNIDA Prof. Mohamad Ali Fulazzaky, Ph.D beserta para Wakil Rektor, dan para pimpinan Yayasan Pendidikan Amaliah Djuanda.


Shalat Istisqo secara bahasa berarti meminta turun hujan. Secara istilah, istisqo adalah meminta kepada Allah SWT agar menurunkan hujan dengan cara tertentu ketika dibutuhkan hamba-Nya.

Baca Juga : Fisipkom Unida Tampilkan Karya dan Inovasi Mahasiswa di Desa Melalui Lokakarya dan Seminar KKN Tematik


Kepala BPPT Unida Syamsuddin Ali Nasution dalam khotbahnya menyampaikan, semua hal yang berasal dari Allah SWT tidak pernah ada yang sia-sia. Hal ini menjadi perbadaan antara Allah SWT dengan Makhluknya, ketika Allah SWT melakukan dan membuat sesuatu maka tidak ada yang tidak berguna.


Perlu diketahui, saat ini di beberapa wilayah sudah lama tidak ada rezeki air yang turun dari langit, bahkan sampai sumur-sumur banyak yang dilanda kekeringan. Oleh karenanya, Dr. H. Syamsuddin Ali Nasution, MA mengingatkan agar perlu sama-sama untuk  berintropeksi diri.


“Mungkin terlalu banyak maksiat, durhaka kepada Allah, durhaka kepada orang tua, dan lainnya. Ini merupakan cobaan dari Allah, maka ketika kita menyadari telah melakukan dosa maka harus segera taubat kepada Allah dan selalu beristighfar kepada Allah,” tutur Syamsuddin Ali Nasution.


“Semoga semua dosa kita diampuni Allah. Sebab kenapa Allah tidak turunkan hujan, mungkin karena perbuatan manusia itu sendiri,"kata dia.


"Kita perlu untuk terus muhasabah diri terhadap perbuatan yang bertentangan dengan Allah dan terus berupaya untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dengan muhasabah diri insyaAllah kita bisa dapat melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi larangannya. Semoga dengan kita melaksanakan shalat istisqo dan sama-sama bertaubat kepada Allah, mudah-mudahan Allah segera menurunkan rezeki berupa hujan yang sangat bermanfaat untuk kita,” pungkasnya.