BOGOR, CEKLISSATU - Paguyuban Kawani Bogor yang merupakan wadah organisasi dengan arti Kreatif Aktif Berwawasan dan Inovatif kini hadir di Kota Bogor. Organisasi hasil kolaborasi kaum muda dan dewasa ini, mengajak masyarakat untuk aktif dan kreatif dalam menciptakan peluang usaha berbasis keluarga.

Ketua Kawani Bogor, Sandi Fardiansyah mengatakan bahwa pihaknya mengajak masyarakat agar bersama-sama berkontribusi untuk kemajuan Kota Bogor dalam hal sosial, pemberdayaan masyarakat hingga ekonomi berbasis keluarga.

"Dalam wadah ini masyarakat akan dilatih menjadi manusia yang produktif dengan diberikan pelatihan berkala oleh para tenaga ahli handal di bidangnya agar mereka bisa bersaing di dunia usaha," ucapnya kepada awak media di sekretariat Kawani Bogor, Jalan Paledang, Kecamatan Bogor Tengah pada Sabtu, 2 April 2023 malam.

Baca Juga : Polres Bogor Buka Program Mudik Gratis, Ini Rutenya

Dengan diberikan pelatihan ini, lanjut Sandi, masyarakat Kota Bogor bisa lebih kreatif, aktif dan inovatif dalam menunjang peningkatan kehidupan sosial dan ketahanan ekonomi keluarga.

Pelatihan yang diberikan pun mengarah ke digitalisasi, tujuannya adalah agar mereka bisa bersaing di dunia usaha. Tak hanya itu, wadah ini juga konsen kepada peran pemuda di masyarakat, dengan diberikan pemahaman dan pelatihan serupa agar bisa produktif dan bisa menciptakan sebuah karya yang bisa dijadikan cuan. 

"Jika setiap keluarga dan pemuda di Kota Bogor memiliki sistem ketahanan ekonominya media sosial yang terkonsep, maka hal ini menjadi terobosan baru dalam upaya pengentasan masalah-masalah sosial yang kerap dirasakan masyarakat kecil," ungkapnya.

Di sisi lain menurut Sandi, kehadiran Kawani berawal dari keresahan anak muda dalam menemukan berbagai masalah sosial dan ekonomi yang terjadi di Kota Bogor. Atas dasar itu, pihaknya melakukan kolaborasi untuk menyelesaikan hal-hal tersebut.

Kawani Bogor, masih kata Sandi, memiliki beberapa bidang sosial yakni pendidikan, kesehatan dan sebagainya, kemudian dalam hal pemberdayaan masyarakat ada program pengembangan UMKM, pelatihan kepemudaan, ketiga adalah menyiapkan kepemimpinan Kota Bogor di masa yang akan datang.
  
"Kita akan menyusun program yang kita rasa perlu untuk Kota Bogor, kita juga ada bidang penyusunan strategi mengenai Kota, disana akan digali mengenai isu-isu Kota Bogor, banyak hal selain fokus di pemberdayaan masyarakat dan permasalahan sosial," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum Kawani Bogor, Mufti Faoqi menambahkan, Kawani Bogor juga akan melahirkan berbagai program sosial kemasyarakatan dan sentuhan di bidang lingkungan hidup. 

"Fokus kami adalah mengajak masyarakat agar kreatif dan turut berinovasi dalam berbagai bidang. Sehingga kedepannya diharapkan, perekonomian masyarakat bangkit dan bertahan," kata mantan Ketua DPRD Kota Bogor itu.