BOGOR, CEKLISSATU - Pembangunan jalan tol khusus tambang yang sempat digembar-gemborkan oleh Ridwan Kamil saat menjadi Gubernur Jawa Barat ternyata sampai saat ini masih terkendala lahan dan persoalan perizinan.

Padahal saat mengunjungi lokasi pembangunan jalan tol tambang di Cigudeg pada 29 Mei 2023, Emil mengklaim bahwa lahan sepanjang 11,5 kilometer untuk jalan yang menghubungkan Rumpin-Parungpanjang, Kabupaten Bogor telah siap untuk dibantun

"Informasi yang saya dapat sekarang kan memang proses pembebasan lahan ya, nanti sampai Desember. Beberapa hambatan (juga) seperti perizinan," ungkap 

Baca Juga : Lalu Lalang Truk Tambang di Luar Jam Operasional, Bupati : Itu Dikawal Petugas ke Kantong Parkir


Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor Ajat Rochmat Jatnika, Kamis 23 November 2023.

Ajat mengatakan, peran Pemerintah Kabupaten Bogor hanya bersifat membantu dalam sinkronisasi perencanaan antara jalan berstatus kabupaten dan jalan berstatus provinsi serta memfasilitasi kelengkapan data pengurusan izin pembangunan.

Terlebih, pembangunan jalan tol ini akan terhubung dengan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) III melalui skema pengerjaannya dikerjasamakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan pihak swasta.

"Jalur tambang itu kan menuju jalan tol ada jalan (berstatus) kabupaten jadi kami mengsinkronisasi. (Peran) yang kedua, perizinannya jadi kita sudah rapat sudah memfasilitasi," terang Ajat.