JAKARTA, CEKLISSATU – Berikut ini nama-nama pejabat yang dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin (19/8/2024).

Mereka adalah Bahlil Lahadalia menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), menggantikan Arifin Tasrif.

Kemudian Supratman Andi Atgas sebagai Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) menggantikan Yasonna H. Laoly.

Rosan Roeslani menjadi Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menggantikan Bahlil Lahadalia.

Baca Juga : Hari Ini Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet, Siapa Saja Pejabat yang akan Dilantik?

Selain itu, Jokowi juga melantik Angga Raka Prabowo menjadi Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) II.

Pelantikan terhadap Bahlil Lahadalia, Supratman Andi Atgas, dan Rosan Roeslani sebagai menteri berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 92P Tahun 2024 tentang pemberhentian dan Pengangkatan Menteri negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Kemudian, pelantikan terhadap Angga Raka Prabowo berdasarkan Keputusan Presiden nomor 52M tahun 2024 tentang pengangkatan wakil menteri komunikasi dan informatika Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undang dengan selurus-lurusnya,” ucap Presiden Jokowi yang diikuti menteri dan wamen yang dilantik.

Selanjutnya Jokowi juga mengingatkan kepada menteri dan wakil menteri yang baru dilantik untuk dapat menjalankan tugasnya dengan menjunjung etika jabatan.

"Demi Dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjujung etika jabatan berkerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” pungkasnya.