BOGOR, CEKLISSATU - Sekretaris 
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Endah Nurmayanti mengatakan, Hutan Kota Pakansari di Cibinong, rencananya akan dijadikan sebagai tempat edukasi.

“Tahun ini mulai penataan, kita buat pagar dan kantor pengelola kecil di sini. Nanti mungkin ada semacam edukasi tentang pohon yang ditanami di sini," kata Endah, Minggu 5 Februari 2023.

Dalam hal ini, DLH sendiri ditunjuk sebagai komando tim khusus untuk menjaga Hutan Kota Pakansari. Bersama dengan Satpol PP, Kecamatan Cibinong dan Kelurahan Pakansari, DLH dituntut mampu merawat dengan baik hutan tersebut.

Endah pun berharap ke depannya lingkungan tersebut menjadi bersih dan segar. Karena hutan kota ini menjadi salah satu paru-paru Kabupaten Bogor.

Baca Juga : Jelang Perayaan CGM, Jalan Raya Suryakencana Mulai Dipadati Kendaraan

"Ada beberapa anggaran yang sudah kita siapkan. Nanti secara rutin kita kasih pupuk dan bersihkan," katanya. 

Diketahui, di hutan kota itu sendiri, telah ditanami 1.170 pohon. Dimana ribuan pohon tersebut adalah hasil kerjasama Pemkab Bogor dengan pihak swasta.

Hutan Kota Pakansari sendiri sudah diresmikan pada Jumat 3 Februari 2023 yang dipimpin langsung oleh Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan.

Iwan mengatakan, hutan kota tersebut adalah upaya menjaga 
ekosistem lingkungan di Wilayah Cibinong, Kabupaten Bogor

“Harus banyak paru-paru dunia atau pohon-pohon yang ditanam di kawasan Pakansari ini, supaya wilayah ini lebih sejuk,” kata Iwan.

ERUL