JAKARTA, CEKLISSATU – Presiden Joko Widodo (Jokowi)  dalam pembukaan Festival Budaya Nasional 2023 atau National Festival of Culture Mozambik mengatakan, saling menjaga dan menghargai perbedaan keragaman budaya yang ada dapat dijadikan sebagai alat kerja sama kekuatan untuk mempersatukan bangsa.

“Mari kita gunakan keberagaman budaya ini untuk mempersatukan kita, mari kita gunakan keberagaman budaya ini untuk memperkuat kerja sama antara rakyat kita,” ucap Jokowi seperti dikutip dari keterangannya, Kamis 24 Agustus 2023.

Jokowi mengatakan, bahwa kehadirannya atas undangan Presiden Republik Mozambik, Filipe Nyusi spesial karena ini alaha kunjungan pertamanya ke Mozambik dan diundang dalam acara kebudayaan nasional.

Baca Juga : Jokowi: ASEAN Harus Jadi Epicentrum of Growth

“Ini merupakan sebuah kehormatan bagi saya diundang dalam acara kebudayaan nasional, ini menjadi kunjungan saya ke Mozambik menjadi lebih spesial,” ucap Presiden di hadapan masyarakat Mozambik.

Jokowi mengatakan, seperti Mozambik, Indonesia merupakan rumah dari keberagaman budaya dimana masyarakatnya saling menghargai perbedaan yang ada.

“Indonesia juga merupakan rumah dari keberagaman budaya, kita menghargai perbedaan, kita menghargai setiap kebudayaan yang ada di masyarakat,” tandasnya.

Untuk diketahui, Festival Budaya Nasional 2023 atau National Festival of Culture Mozambik yang digelar di Lapangan Asosiasi Black Bulls, Maputo, Republik Mozambik, pada Rabu, 23 Agustus 2023.

Festival budaya nasional ini diselenggarakan setiap tahun di Mozambik dan tahun ini diikuti sekitar 1.500 seniman yang mempertunjukkan berbagai seni seperti kerajinan tangan, musik, film, tarian, fotografi, gastronomi, dan lain sebagainya.