JAKARTA, CEKLISSATU - Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi DKI Jakarta melalui Unit Pengelola (UP) Kawasan Perkampungan Budaya Betawi bakal menyelenggarakan Gebyar Seni Budaya Setu Babakan

Gebyar Seni Budaya Seni Babakan yang akan digar pada Sabtu 22 Juni 2024 besok dalam rangka merayakan HUT ke-497 Kota Jakarta ke-497. 

Kepala Disbud Provinsi DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana mengatakan, Gebyar Seni Budaya Setu Babakan khususnya untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya Betawi.

Baca Juga : Objek Wisata Sepeda Air di Setu Babakan

Iwan mengatakan, Gebyar Seni Budaya Setu Babakan akan menghadirkan berbagai acara khusus. 

“Penampil akan diprioritaskan dari masyarakat di sekitar Perkampungan Budaya Betawi (PBB), sebagai komitmen dalam memberdayakan komunitas  lokal di kawasan Setu Babakan,” kata Iwan, Jumat 21 Juni 2024.

Selain itu, lanjut Iwan, juga bakal ada bazar produk-produk-produk UMKM binaan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). 

Baca Juga : Wisata Museum Betawi di Setu Babakan

“Juga berbagai pagelaran seni seperti Tari Betawi, Musik Keroncong, Gambang Kromong, dan Lenong Betawi," lanjut Iwan. 

Tidak hanya itu, pameran pakaian Betawi bertajuk 'Mengikat Warna Menjalin Makna - Pakaian Betawi dari Masa ke Masa' juga akan dihadirkan sebagai elemen penting dalam kehidupan manusia, serta menjadi cerminan jati diri kelompok masyarakat, khususnya etnis Betawi

“Ada juga gelaran Drama Tari dari Suku Dinas (Sudin) Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Selatan berkolaborasi dengan Sanggar Tari se-Jakarta Selatan, berjudul 'Ratu Gelatik Kepak Sayap dari Selatan',” kata Iwan.