BOGOR, CEKLISSATU - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor menyatakan bahwa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 semakin dekat, dalam persiapannya jumlah pemilih pemula diperkirakan mencapai sekitar 12 ribu pemilih

Hal itu diungkapkan Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Ganjar Gunawan bahwa tepat di November 2024 atau hari pencoblosan Pilkada nanti, ada sekitar 12 ribu pemilih pemula yang harus melakukan perekaman KTP elektronik.

"Berdasarkan data yang kami miliki kurang lebih nanti saat Pilkada di November ada 12 pemilih pemula yang harus melakukan perekaman sehingga memiliki hak pilih," ucapnya pada Kamis 9 Mei 2024.

Baca Juga : Penerimaan CPNS 2024, Kementerian Agama Siapkan 3.641 Formasi Penghulu Ahli Pertama

Untuk mencapai target perekaman KTP elektronik terhadap pemilih pemula, Ganjar mengatakan bahwa pihaknya akan bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melaksanakan skema jemput bola dengan sasaran ke sekolah-sekolah.

"Jadi nanti kami bersama KPU Kota Bogor akan berkolaborasi untuk jemput bola, on the spot melakukan perekaman KTP bagi pemilih pemula supaya target perekaman pemilih pemula di Pilkada nanti dapat tercapai," jelasnya.

Kendati demikian, Ganjar mengaku bahwa skema jemput bola yang akan dilakukan bersama KPU Kota Bogor akan menunggu terlebih dahulu Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) dari Kemendagri RI.

"Kita menunggu dulu DP4 dari Kemendagri, kan DP4-nya nanti diserahkan ke KPU, setelah itu baru kami diskusikan bersama," katanya.

Tubagus Reza Oktavian