BOGOR, CEKLISSATU - Penduduk miskin di Kabupaten Bogor tercatat sebanyak 474 ribu jiwa. Jumlah tersebut dikeluarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat.

Namun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengklaim bahwa jumlah itu menurun sekitar 0,40 persen dibanding tahun sebelumnya.

Pada 2021, penduduk miskin di Kabupaten Bogor tercatat sebanyak 8,13 persen dari jumlah penduduk 5,5 juta jiwa. Sementara pada 2022, sebanyak 7,73 persen atau menjadi 474 ribu jiwa.

Baca Juga : Tingkat Pengangguran Terbuka Kota Bogor Tertinggi di Jabar, Komisi IV Ingatkan Bima Arya Tak Perlu Panik

"Persentase inilah salah satu ukuran yang bisa merepresentasikan tingkat penduduk miskin di Kabupaten Bogor maupun di kabupaten/kota lainnya”, ujar Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor, Iwan Setiawan, Rabu 28 Juni 2023.

Dengan penurunan tersebut, dia mengklaim bahwa Pemkab Bogor berada di urutan tertinggi ke-7 dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat dalam tingkat penurunan penduduk miskin berdasarkan data BPS.

Terlebih, Iwan menyebutkan bahwa penurunan jumlah penduduk miskin itu terjadi pada dua tahun berturut-turut.

"Artinya di kedua tahun tersebut posisinya bukan berada di urutan tertinggi pertama seperti isu yang beredar, tetapi berada di urutan tertinggi ke-17 dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat dalam tingkat penduduk miskin,"ungkapnya.

ERUL