BOGOR, CEKLISSATU - Pj Bupati Bogor, Asmawa Tosepu mengungkapkan jika Pemerintah Pusat akan mengambil alih status Jalan Tegar Beriman menjadi jalan nasional, sekaligus menjadi prioritas pemerintah untuk memperbaiki Jalan Tegar Beriman khususnya yang menuju ke Bambu Kuning-Bojonggede.

“Tahun ini masuk prioritas untuk ditangani pemerintah pusat. Kita serahkan menjadi jalan nasional jadi pemerintah pusat yang akan menangani,” ungkapnya Asmawa kepada wartawan, Kamis (14/3/2024).

Dengan pengambil alihan tersebut, kondisi kerusakan yang terjadi di beberapa titik Jalan Tegar Beriman seperti di ruas Bambu Kuning, akan diperbaiki oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun ini.

Baca Juga : Djanur Beberkan Alasan Kembali Terima Pinangan Persikabo 1973

Asmawa menyebut, Jalan Tegar Beriman menjadi salah satu dari lima ruas jalan nasional di Kabupaten Bogor yang masuk dalam skala prioritas pemerintah pusat.

“Nanti ditangani oleh pusat,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor Burhanudin menjelaskan jalan yang membentang sekitar lima kilometer dari Simpang Cibinong City Mall (CCM) hingga Simpang Bambu Kuning itu, sebelumnya berstatus jalan kabupaten.

Menurutnya, jalan yang membentang di pusat pemerintahan Kabupaten Bogor ini menempel pada Jalan Raya Jakarta-Bogor sisi timur dan sisi barat (setelah tembus dari Jalan Tegar Beriman ke Jalan Parung via Bojonggede-Kemang) yang telah lama berstatus jalan nasional.

“Karena digunakan masyarakat Kabupaten dan Kota Bogor juga Kota Depok. Maka kami pertimbangkan Jalan Tegar Beriman menjadi jalan nasional,” kata Burhan.

Dia menerangkan, Jalan Tegar Beriman nantinya akan terhubung dengan dua jalan nasional saat ini, yakni Jalan Raya Jakarta-Bogor dan Jalan Raya Parung.

Namun, untuk terhubung dengan Jalan Raya Parung, membutuhkan jalan layang atau fly over agar Jalan Tegar Beriman terkoneksi dengan Jalan Bojonggede-Kemang yang saat ini masih dibangun

“Nanti kan juga terhubung ke Tol Antasari, kemudian JORR III-Balaraja-Serpong-Ciputat. Di timurnya terhubung dengan Tol Sentul-Karawang Barat,” katanya.