BOGOR, CEKLISSATU - Gerakan "Orda" atau Orde Muda terus menggaung ke sejumlah daerah-daerah di Indonesia. Sebuah gerakan yang bertujuan untuk membawa perubahan dan kebangkitan di kalangan anak muda Indonesia, membuat sejumlah aktifis dan mahasiswa di Kota Bogor yang tergabung kedalam BEM se-Kota Bogor akhirnya mendeklarasikan gerakan Orda.

Sebelum deklarasi yang dilaksanakan di Tugu Kujang, para mahasiswa BEM se-Bogor, mengadakan pertemuan dan diskusi terkait gerakan Orda.

Rezal Ibrahim Harika salah satu mahasiswa yang mendeklarasikan Orda di Kota Bogor mengatakan, ia sebagai aktivis mahasiswa dari BEM se-Bogor sangat mendukung sekali adanya gerakan Orde Muda. Karena bagaimanapun spirit anak-anak muda ini sangat diperjuangkan. 

Baca Juga : Jembatan Otista Diperlebar, Resmi Dibuka Presiden Jokowi

"Bahkan kita sebagai anak muda harus merevitalisasikan juang muda, mengawal kemajuan Indonesia oleh anak muda dan perjuangan daripada NKRI," ucapnya usai deklarasi di halaman Tugu Kujang.

Lanjut Rezal, anak-anak muda seharusnya menjadi salah satu tokoh untuk membangkitkan kemajuan NKRI, merevitalisasi, mengulas kembali dan membangkitkan semangat juang untuk bangsa ini agar lebih maju dan baik. Gerakan Orda sangat positif, terutama jika seluruh anak muda dan kaum milenial berada di dalamnya. Gerakan Orda itupun bisa membangkitkan semangat anak muda untuk berperan aktif di dalam berbagai persoalan bangsa.

Kedepan, kata Rezal, gerakan Orda di Kota Bogor akan dilakukan dengan berbagai kegiatan diskusi - diskusi yang melibatkan seluruh anak muda dan kaum milenial. Terutama mahasiswa dan mahasiswi diseluruh kampus yang ada di Bogor.

"Kita akan melakukan diskusi-diskusi di masing-masing kampus yang ada di Bogor. Tujuannya untuk bagaimana kita bisa melanjutkan perjuangan tokoh-tokoh sebelumnya, dan kita bisa memperjuangkan dan membangkitkan kembali semangat anak muda. Jumlah kampus di Bogor ada 21 universitas, dan kami akan melakukan gerakan Orda disana," jelasnya.

Senada, aktifitas mahasiswa Azrin menuturkan, gerakan Orda merupakan sebuah gerakan representasi dari kebangkitan dan kemajuan anak muda. Kehadiran anak muda berada dalam sebuah sistem pada gerakan Orda, akan membawa manfaat positif. Karena selama ini, anak muda ataupun mahasiswa belum mendapatkan perhatian yang menyeluruh dari pemerintah. Gerakan Orda inipun menjadi harapan bagi generasi muda di Indonesia, agar peran serta anak muda terlibat aktif dalam pembangunan dan kemajuan Indonesia di masa mendatang.

"Tentunya bagaimana kita bisa merevitalisasi kan dan membangkitkan jiwa semangat anak muda untuk memperjuangkan, mengembangkan dan memajukan NKRI yang sebagaimana seharusnya kita benahi dengan seksama. Seperti diketahui banyak kebijakan yang harus kita kritisi kepada birokrasi negara, dan itu yang harus kita tuntaskan untuk anak muda. Tentunya pemerintah juga harus memprioritaskan untuk mengangkat potensi anak muda ini," katanya.