BOGOR, CEKLISSATU - Ratusan buruh melakukan aksi demonstrasi, mendesak kenaikan Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2024 di depan Gerbang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jumat 24 November 2023.

Perwakilan DPC Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi, dan Pertambangan (FSPKEP) Kabupaten Bogor, Mujimin mengatakan, landasan tuntutan kenaikan upah berpaku pada kebutuhan hidup layak (KHL) para buruh di Kabupaten Bogor. 

Apalagi, kata dia, daerah lain sudah melakukan hal serupa dengan tuntutan kenaikan sekitar 15,71 persen yang dinilainya masih realistis.

Baca Juga : KSP SB Sukses Gelar Paripurna RAT, Hasilkan Beberapa Poin Penting

"Berdasarkan kebutuhan hidup layak yang mana kebutuhan hidup layak di Kabupaten memang Rp5 juta sekian, yang kita ajukan juga realistis,” kata Mujimin.

Selain kenaikan UMK para buruh juga mengutarakan tuntutan lain yang mengarah kepada upah bagi tenaga kerja yang telah mengabdi lebih dari satu tahun.

"Satu lagi yang tadi sudah kami sampaikan, untuk kenaikan upah bagi tenaga kerja satu tahun keatas kita juga merekomendasikan dengan tuntutan yang sama,” jelasnya.