BOGOR, CEKLISSATU - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarkat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah, meminta Camat Tajurhalang untuk menyelesaikan persoalan SamiSade yang melibatkan Kades Tonjong.


"Kami minta camat (Kecamatan Tajurhalang) untuk memonitor. Sekiranya ada pekerjaan yang belum selesai, semua harus segera laporkan," kata Renaldi kepada wartawan, Jumat 24 Februari 2023.


Menurutnya, camat harus ambil langkah tegas kepada Desa Tonjong untuk mengetahui persoalan yang sebenarnya terjadi hingga anggaran SamiSade tidak digunakan kepada pembangunan.

Baca Juga : DPMD Akan Serahkan Persoalan SamiSade di Desa Tonjong ke Inspektorat


"Harus buat langkah, lakukan pemanggilan, minta penjelasannya. Tanya alasan kenapa tidak dikerjakan. Itu upaya yang harus dilakukan camat. Lakukan teguran satu, kedua dan ketiga," jelas Renaldi.


Proyek SamiSade sendiri harus sudah selesai secara keseluruhan hingga akhir Februari ini. 


Jadi semua pekerjaan SamiSade itu batas pengerjannya itu sampai akhir Februari ini dan laporan itu di Maret. Nah kalau tidak digunakan untuk pembangunan, maka uangnya harus dikembalikan ke kas desa atau daerah," terang Renaldi.


Diketahui, Desa Tonjong, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor, belum melaksanakan pembangunan betonisasi pada program SamiSade tahap dua dengan anggaran Rp336 juta 
di wilayahnya hingga menginjak akhir Februari 2023.