JAKARTA, CEKLISSATU – Pemerintah Arab Saudi sefdang melakukan uji coba layanan taksi terbang untuk membantu kelancaran ibadah para jamaah haji 2024.

Dikutip dari Alarabiya News, Sabtu 11 Mei 2024, Menteri Transportasi dan Layanan Logistik Arab Saudi, Saleh al-Jasser mengatakan, taksi terbang tersebut digunakan untuk mengangkut jemaah di Bandara King Abdul Aziz di Jeddah ke hotel Makkah.

Taksi terbang itu disebut bakal dilengkapi teknologi otonom canggih dan akan disediakan di tempat-tempat transportasi lokasi suci, seperti Makkah, Madinah dan sejumlah wilayah lainnya.

“Taksi terbang itu diharapkan dapat mempersingkat waktu perjalanan dan kemacetan di jalan raya, serta menawarkan cara yang lebih efisien dan nyaman bagi jemaah haji. Sementara itu, penggunaan drone menjadi langkah revolusioner berbagai aspek operasional haji,’ jelas Saleh al-Jasser.

Baca Juga : Perlancar Perjalanan Haji dan Umrah, Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi Perluas Kerjasama Transportasi

Selain itu, penggunaan teknologi drone untuk memantau tempat-tempat suci dalam memastikan keselamatan dan keamanan jemaah.

“Untuk penggunaan drone itu sendiri bakal dilengkapi sensor dan kamera canggih untuk menyediakan data real-time dan membantu pihak berwenang dalam mengatasi masalah,” ucapnya.  

Saleh al-Jasser mengatakan, pemerintah memastikan penerapan taksi terbang aman selama musim haji.

“Hal itu karena pemerintah berkolaborasi dengan perusahaan-perusahaan yang ahli di bidangnya,” jelasnya.

“Teknologi taksi terbang ini diharapkan menjadi tonggak penting dalam sejarah ibadah haji,” imbuh dia.