BANTUL, CEKLISSATU - Satu meninggal dunia dan belasan orang lainnya luka-luka akibat gempa bermagnitudo 6,4 di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta pada Jumat 30 Juni 2023 malam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah DIY lewat unggahan di media sosial 

satu orang meninggal dunia di kawasan Bantul dan belasan orang lainnya luka-luka berdasarkan data sementara hingga pukul 23.30 WIB.

"Update sementara data korban jiwa gempa bumi di wilayah DIY, Kabupaten Bantul lima luka, satu meninggal dunia. Kabupaten Gunungkidul tiga luka, dan Kabupaten Sleman tiga luka," cuit @TRCBPBDDIY.

Baca Juga : Bantul Diguncang Gempa Magnitudo 6,4

Dalam kesempatan itu, mereka juga mengungkapkan penyebab satu warga Kabupaten Bantul meninggal dunia. Berdasarkan pengakuan petugas setempat, warga tersebut kaget saat gempa dan berujung meninggal dunia.

"Tadi ada gempa, kaget sehingga beliau kena serangan jantung dan meninggal," kata petugas di sana.

Adapun identitas warga meninggal dunia tersebut adalah perempuan berinisial S usia 67 tahun asal Wonodoro, Mulyodadi, Bambanglipuro, Bantul.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh pihak BPBD DIY. Namun S disebut meninggal karena kaget dan terjatuh dari tempat tidur saat gempa.

"Ada satu meninggal namun bukan terdampak langsung dari gempa bumi," tegas PLH Kepala Pelaksana BPBD DIY Danang Samsurizal.