JAKARTA, CEKLISSATU - Kopi adalah salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Selain rasanya yang nikmat, kopi juga dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Salah satu manfaat yang menarik perhatian banyak peneliti adalah kemampuannya dalam mencegah penyakit kardiovaskular. Dalam beberapa tahun terakhir, berbagai studi telah menunjukkan hubungan positif antara konsumsi kopi dan kesehatan jantung.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kopi secara teratur memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga : Mahasiswa KKN-T FISIP Unida, Gelar Festival Anak Bertemakan Ceria Kopi

Itu mungkin disebabkan oleh kandungan antioksidan dalam kopi, seperti asam klorogenat, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Peradangan kronis merupakan faktor risiko yang signifikan untuk pengembangan penyakit kardiovaskular.

Ahli kesehatan jantung dari Duke University Dr. James D. Lane  menjelaskan, bahwa kopi mengandung sejumlah antioksidan, termasuk asam klorogenat dan polifenol.

"Kandungan antioksidan ini dapat membantu melawan peradangan dan oksidasi dalam tubuh, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit kardiovaskular," ujarnya.

Baca Juga : Ingin Umur Lebih Panjang 5 Tahun? Rutin Konsumsi Anggur

Dengan mengurangi peradangan, kopi dapat berkontribusi pada kesehatan pembuluh darah dan jantung secara keseluruhan.

Banyak studi epidemiologis mendukung klaim tersebut, misalnya, penelitian yang dipublikasikan di jurnal Circulation menunjukkan bahwa individu yang mengonsumsi 3 hingga 5 cangkir kopi per hari memiliki risiko lebih rendah terkena serangan jantung dan stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kopi sama sekali.

Ahli epidemiolog dari Harvard Dr. Frank Hu mengatakan, bahwa ada hubungan yang kuat antara konsumsi kopi dan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, terutama di kalangan orang dewasa.

Baca Juga : 10 Buah Ini Wajib Dikonsumsi Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut Dr. Hu, mengonsumsi kopi dalam jumlah moderat adalah kunci.

"Konsumsi 3 hingga 5 cangkir kopi per hari tampaknya aman dan bahkan bermanfaat bagi sebagian besar orang," katanya.

Namun, penting untuk dicatat bahwa respons terhadap kafein dapat bervariasi. Beberapa individu mungkin mengalami peningkatan tekanan darah atau gangguan tidur akibat kafein, sehingga disarankan untuk menyesuaikan jumlah konsumsi dengan toleransi pribadi.

Baca Juga : Disandingkan dengan Ginseng, Ini Keajaiban Tanaman Kelor untuk Manusia

Para ahli merekomendasikan untuk minum kopi di pagi hari atau saat menjelang sore, ketika energi tubuh mulai menurun. Mengonsumsi kopi pada waktu ini dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi, serta memberikan dorongan tambahan untuk aktivitas fisik, yang juga berkontribusi pada kesehatan jantung.

Dalam memilih jenis kopi, kopi hitam tanpa tambahan gula atau krim adalah pilihan terbaik. Jenis kopi ini mempertahankan manfaat kesehatan dari biji kopi dan menghindari kalori ekstra dari bahan tambahan yang dapat meningkatkan risiko obesitas.

Selain itu, kopi organik juga disarankan karena cenderung memiliki kandungan pestisida yang lebih rendah.

Baca Juga : Manfaat Daun Kelor untuk Perawatan Wajah

Bagi mereka yang sensitif terhadap kafein, disarankan untuk memilih kopi dengan kadar kafein yang lebih rendah atau mengonsumsi kopi dekafein.