BOGOR, CEKLISSATU - DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Bogor menerima kedatangan DPD Partai Amanat Nasional (PAN) dengan agenda silaturahmi  sekaligus penjajakan koalisi dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ketua DPD PKS Kota Bogor, Atang Trisnanto mengatakan, bahwa meskipun PKS dikatakan 'Partai Pemenang' dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, namun pihaknya ingin bersama-sama dengan partai lain di Pilkada mendatang.

"Memang secara aturan dan administratif, PKS memiliki kesempatan untuk bisa maju sendiri di Pilkada karena sudah memenuhi syarat kursi diatas 20 persen, tetapi kami ingin bersama-sama dengan yang lain, semakin banyak kolaborasi dan sinergi kami menganggap itu akan semakin baik untuk Kota Bogor kedepan," ucapnya kepada wartawan, Sabtu 27 April 2024.

"Karena kalau kita mengutamakan diri sendiri, tentu itu tidak baik, dan Insyaallah PKS akan menjadi pioneer atau pelopor kebersamaan itu. Untuk itulah proses komunikasi baik formal maupun informal dengan partai politik, para calon hingga berbagai lapisan yang ada itu yang terus kita lakukan," tambahnya.

Baca Juga : Jelang Pilkada 2024, PDI Perjuangan dan PAN Siap Berkoalisi di Kota Bogor

Ketua DPRD Kota Bogor itu mengaku bahwa komunikasi informal sudah banyak dilakukan, namun secara firmal, PAN menjadi yang pertama.

"Memang selama ini kami lebih mengutamakan komunikasi informal, karena komunikasi tersebut akan jauh lebih konkret, konstruktif, solutif namun tentu penting juga komunikasi formal. Insyaallah awal Mei kita akan melakukan roadshow ke partai politik lainnya," ungkapnya.

Kendati demikian, Atang menyebut, bahwa pertemuan tersebut akan dilaporkan ke DPW PKS Jawa Barat dan DPP PKS, walaupun sebenarnya komunikasi informal sudah sering dilakukan, tetapi komunikasi formal juga perlu dilakukan seperti hari ini.

"Kami sebagai kader jika sudah ditunjuk oleh DPP, diputuskan, tentu kami akan berjalan. Apakah kemudian berpasangan dengan siapa, kami akan siap. Intinya yang terpenting pertemuam hari ini kami apresiasi dan berterima kasih kepada DPD PAN Kota Bogor yang sudah berkunjung dan membangun silaturahmi di pasca lebaran," jelasnya.

Menurut Atang, apa yang sudah dilakukan bersama, sinergi dan kolaborasi selama lima tahun, baik di legislatif maupun dengan eksekutif, akan diteruskan hal-hal yang baiknya.

"Kalau ada kekurangannya tentu akan diperbaiki juga bersama-sama. Insyaallah dengan semangat bersama," tegasnya.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Kota Bogor, Bedjo Santoso didampingi Dedie A. Rachim selaku Bakal Calon Wali Kota (Bacawalkot) Bogor menyatakan, bahwa terkait dengan koalisi berbagai kemungkinan bisa terjadi.

Namun, masih kata Bedjo, sekarang ini pihaknya ingin membangun kesamaan terlebih dahulu. Kalau soal koalisi itu mudah kalau sudah sama sehingga komunikasi intensif kedepan akan dilakukan.

"Ya mungkin saja (Dedie-Atang), namanya kemungkinan itu selalu ada (terbuka) dan ada peluang. Jadi kita bangun peluang itu," imbuhnya.

Lebih lanjut, Bedjo menekankan bahwa hari ini agendanya bersilaturahmi ke DPD PKS Kota Bogor sebagai bagian untuk membangun Kota Bogor bersama PAN, apalagi pihaknya selalu berkomunikasi juga dengan seluruh partai di Kota Bogor.

"Tujuannya kita ingin bersama-sama bagaimana memajukan dan mensejahterakan warga Kota Bogor, maka dari itu melalui silaturahmi ini ada kesamaan dalam hal memajukan dan mensejaterakan Kota Bogor di masa yang akan datang," tutup Bedjo.