BOGOR, CEKLISSATU - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor masih terus melakukan perekaman e-KTP atau KTP Elektronik terhadap ribuan pemilih pemula yang berusia 16 tahun keatas pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Pasalnya, dari 25 ribu pemilih pemula di Kota Bogor yang diperkirakan berusia 17 tahun tepat di tanggal 14 Februari mendatang, masih ada sekitar 4 ribu pemilih pemula yang belum melakukan perekaman e-KTP. Padahal, hari pencoblosan pada Pemilu 2024 tinggal menghitung hari. 

Kepala Disdukcapil Kota Bogor, Ganjar Gunawan mengatakan bahwa berbagai upaya terus dilakukan Disdukcapil Kota Bogor mulai dari jemput bola dengan mendatangi sekolah-sekolah melalui program Disdukcapil Goes To School, Jembol (Jemput Bola) Ka Kelurahan, LSM (Layanan Sore Malam) Dukcapil di Kelurahan-kelurahan hingga membuka pelayanan setiap hari.

Baca Juga : Disanksi Peringatan Keras Terakhir oleh DKPP, Begini Respon Ketua KPU Hasyim Asy'ari

"Prinsipnya dari Disdukcapil sudah melakukan berbagai upaya jemput bola ke target-target perekaman e-KTP pemula, termasuk sekarang kita buka pelayanan setiap hari dari pagi sampai malam, bahkan kita buka juga pelayanan di hari libur," ucapnya kepada Ceklissatu.com pada Senin, 5 Februari 2024.

Adapun pelayanan perekaman e-KTP dibuka sampai malam per tanggal 5-7 Februari dari pukul 08.00 - 21.00 WIB, sedangkan hari libur 8-11 Februari buka pukul 09.00 - 17.00 WIB. Ganjar menyebut bahwa hal itu dilakukan untuk memastikan seluruh warga memiliki KTP yang valid saat hari pencoblosan.

"Pelayanan sampai malam ini khusus untuk perekaman e-KTP, sedangkan pengurusan Adminduk Umum pelayanannya tidak sampai malam, tetapi dari pagi sampai sore atau jam kerja biasanya," jelasnya.

Lebih lanjut, Ganjar memastikan bahwa dengan membuka pelayanan hingga malam hari, dirinya berharap Disdukcapil Kota Bogor dapat memberikan kemudahan akses bagi masyarakat yang memiliki kesibukan di siang hari.

"Bagi warga terutama pemilih pemula yang belum melakukan perekaman e-KTP, bisa melakukan perekaman e-KTP di masing-masing kecamatan kecuali Kecamatan Bogor Utara, karena jaraknya berdekatan dengan kantor jadi bisa langsung datang ke Disdukcapil saja," tegasnya.

Ganjar mengajak kepada seluruh warga Kota Bogor yang belum memiliki e-KTP khususnya pemilih pemula untuk segera melakukan perekaman e-KTP baik di lima kecamatan (kecuali Kecamatan Bogor Utara) maupun mendatangi langsung kantor Disdukcapil Kota Bogor.

"Kami memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para pemilih pemula usia 16 tahun menjelang 17 tahun untuk segera melakukan perekaman e-KTP. Tentunya kami berharap setiap warga yang sudah memenuhi persyaratan untuk mengikuti pemilu, bisa berpartisipasi menggunakan hak pilihnya," katanya.