BOGOR, CEKLISSATU – Belasan orang yang sebelumnya dilaporkan tersesat di Gunung Gede Pangrango Bogor kini sudah ditemukan. Total warga ada 16 orang. Mereka ditemukan oleh Tim SAR Gabungan, pada Senin (29/1/2024).

Berdasarkan laporan TRC-PB Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, informasi adanya warga tersesat terjadi di kawasan Gunung Pangrango Kampung Pondok Menteng Desa Citapen, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, M Adam menyebutkan, kronologi kejadian menurut keterangan pelapor di antaranya pada Sabtu (27/1/2024) pukul 15.00 WIB titik awal 16 orang survivor mendaki Kampung Pondok Menteng Desa Citapen menuju ke tempat ziarah.

Baca Juga : Kronologi 13 Orang Tersesat di Gunung Pangrango Bogor hingga Ditemukan Selamat

“Para survivor sedang melakukan ziarah ke Gunung Pangrango. Pada Minggu dinihari pukul 03.00 WIB setelah selesai melakukan ziarah para survivor turun untuk perjalanan pulang. Di tengah perjalanan, tiga orang terpisah dan tersesat dari rombongan,” ungkapnya. 

Kemudian, pada Minggu 28 Januari 2024 sekitar pukul 16.30 WIB survivor mengabarkan ke keluarga melalui whatsapp bahwa mereka tersesat. Dan pada hari minggu pencarian dilanjut, namun tidak membuahkan hasil.

“Pada hari Senin (29/1/2024) pukul 11.00 WIB survivor diketemukan di Pasir Pogor RT01/01 Desa Cileungsi Kecamatan Ciawi, yang berjarak ± 4 km dari pos security Pasir Pogor,” terangnya. 

Baca Juga : 13 Orang yang Tersesat di Gunung Pangrango Bogor Ditemukan Selamat

Setelah itu, para survivor dijemput dan dikumpulkan diposko. Dan rencananya survivor akan di kembalikan ke rumah masing masing

“Semua korban sudah diketemukan dalam keadaan selamat. Untuk sementara korban di bawa ke kantor Polhut Citapen untuk di data dan di cek kesehatan oleh pihak Dinkes. Lalu korban di kembalikan ke rumah masing- masing,” tuturnya.

Baca Juga : Tim SAR Gabungan Cari 13 Orang Dilaporkan Tersesat di Gunung Pangrango

Berikut ini 16 orang yang ditemukan selamat oleh Tim SAR Gabungan di Gunung Pangrango Bogor, yaitu:

Ateng Muhdi atau Mumuh (56 Tahun), H. Farid (50), Ade Bagja (47), Dedi Saepulloh (45), Yanwar (41), Riza Maha Putra (12), Syahroni (46), Helmi (39), Farhan (23), Syarifudin (47), Iyan Mulyana (43), Asep (40), Andi Rahman (21), Dedi Supriadi (48), Indra (40), Akbar (7).