BOGOR, CEKLISSATUTaman Separator di Jalan Tegar Beriman rusak, karena terdampak proyek pembangunan drainase yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR). Maka itu, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor meminta DPUPR segera memperbaiki taman tersebut.

Kepala DPKPP Kabupaten Bogor, Teuku Mulya menegaskan, intinya terhadap proyek itu pihaknya meminta setelah selesai proyek drainase yang dilakukan, taman separator itu dikembalikan seperti semula.

“Tanamannya di atas separator itu harus dikembalikan. Sudah kami rapatkan dengan DPUPR. Selama ini mereka komitmen, dan dari DPUPR pembuangannya (tanah, red) dibuang ke tempat lain,” ungkap Teuku Mulya kepada cekklissatu.com, Selasa (07/11/2023).

Baca Juga : Soal Talang Air di Jalan KS Tubun, DPUPR Kota Bogor Sudah Layangkan Surat ke DSDA Jabar

Teuku Mulya juga mengatakan, DPUPR berkomitmen mau mengembalikan seperti semula. Menurutnya, agar pekerjaan itu tidak terlalu berdampak pada pekerjaannya, pembuangannya tidak dibuang dipinggir jalan, melainkan dimasukkan ke dalam karung, lalu dibuang ke tempat lain.

3 Ft Taman Separator Tegar Beriman 2.webp
Taman Separator di Jalan Tegar Beriman Kabupaten Bogor terlihat rusak, karena terdampak proyek pembangunan drainase.

“Semoga komitmen mereka terpenuhi. Karena ini milik kita bersama, pembangunanya pun dibiayai APBD. Sama-sama kita menjaga,” tuturnya.

Teuku Mulya menuturkan, fungsi taman separator itu untuk keindahan, kenyamanan, serta memberikan warna bahwa dalam separator itu ada tanaman yang bisa dilihat oleh masyarakat.

“Sehingga masyarakat ada edukasi. Di taman itu ada Sembilan jenis tanaman yang baru untuk menjadi perhatian masyarakat,” ujarnya. 

Senada, Kabid Prasarana Sarana dan Utilitas Umum (PSU) DPKPP Kabupaten Bogor, Nunung Toyibah mengatakan bahwa DPKPP meminta komitmen untuk memperbaiki ke kondisi semula.

DPKPP meminta komitmen untuk memperbaiki ke kondisi semula, sesuai surat DPUPR nomor 600/718-PI-DPUPR tanggal 8 September 2023,” ucap Nunung Toyibah kepada ceklissatu.com.

Diketahui, penataan separator atau taman di Jalan Tegar Beriman Kelurahan Tengah, Kecamatan Cibinong yang menggunakan APBD Kabupaten Bogor TA 2022 senilai Rp3,5 miliar sudah rampung dibangun.

Hingga berita ini ditulis, belum ada keterangan resmi maupun jawaban atas konfirmasi yang dilayangkan ceklissatu.com kepada DPUPR Kabupaten Bogor.