BOGOR, CEKLISSATU – Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Suryanto Putra lakukan tebar benih ikan, sekaligus melakukan penanaman pohon serta pelayanan kependudukan, yang berlangsung di Plaza Situ Front City (Situ Pemda) Cibinong, pada Jumat 31 Mei 2024.

Suryanto Putra mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Jadi Bogor (HJB) ke-542, sesuai dengan tema babarengan akur dan Makmur. Kegiatan ini dilakukan secara sinergi bersama-sama sebagai wujud implementasi tema HJB ke-542.

“Kegiatan seperti ini sebetulnya telah kami lakukan sebelumnya beberapa waktu lalu, yakni bebersih Cibinong melalui bebersih jalan tegar beriman. Itu merupakan kerja nyata dari seluruh Perangkat Daerah yang dilakukan secara bersama-sama, kompak dan gotong royong,” kata Suryanto.

Dia menambahkan, bahwa situ memiliki banyak fungsi sebagai pengendali banjir, menampung air hujan, serta memberikan kehidupan bagi biota yang lain.

Baca Juga : Bebersih Situ dan Tebar Benih Ikan di Situ Cibinong

“Mudah-mudahan dengan situ yang terawat, terjaga dengan baik bisa mengamankan fungsi yang sebenar-benarnya. Saya juga mengajak kepada seluruh pihak termasuk masyarakat untuk bersama-sama menjaga situ plaza Cibinong ini dengan baik sebagai ruang publik yang indah, bersih dan nyaman,” tegas Suryanto Putra.

Suryanto Putra mengingatkan, kepada seluruh perangkat daerah untuk terus memperkuat sinergi, kekompakan selaras dengan tema HJB ke-542 kali ini.

Agar senantiasa babarengan baik dalam menyukseskan program kegiatan Pemerintah Kabupaten Bogor, menjaga dan merawat keindahan dan kebersihan Kabupaten Bogor juga berbarengan dan akur dalam menyelesaikan permasalahan.

Di tempat yang sama, Kepala DPUPR Kabupaten Bogor, Iwan Irawan menuturkan, penebaran benih ikan tawas dan ikan nila telah dilakukan di beberapa situ selain di Situ Plaza Cibinong.

Situ Citatah juga sudah beberapa waktu lalu dan akan terus dilakukan ke situ lainnya ini salah satu bentuk upaya pemerintah dalam menjaga dan melestarikan setu dan lingkungan sekitarnya.

Situ adalah bagian dari ruang terbuka hijau yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, mancing boleh asal tetap dijaga dan tidak dirusak. Intinya kegiatan hari ini selain sebagai momentum HJB juga untuk menciptakan kebersamaan semangatnya bisa kita tularkan dari Perangkat Daerah (PD) Kepada masyarakat,” kata Iwan.