BOGOR, CEKLISSATU - Bupati Bogor Iwan Setiawan akhirnya menyampaikan permohonan maafnya di depan publik atas peristiwa dirinya yang tertangkap kamera tidak menyalami Dandim 0621/Kabupaten Bogor dan salah seorang anggota TNI.

Disampaikan lewat video yang didampingi Dandim 0621/ Kabupaten Bogor, Letkol Kav Gan Gan Rusgandara beserta jajaran dan Kapolres Bogor, AKBP Rio Wahyu Anggoro di Makodim, Cibinong, Iwan menegaskan bahwa apa yang terjadi bukan lah sebuah kesengajaan.

"Saya pribadi memohon maaf kepada keluarga besar TNI dan juga secara khusus kepada Dandim Bogor Pak Gan Gan dan seluruh jajaran pak Danramil se-kabupaten Bogor atas kekhilafan dari sikap saya yang memang dirasa kurang berkenan didalam kegiatan kemarin. Mudah-mudahan permohonan maaf ini bisa diterima oleh keluarga besar TNI,” kata Iwan dalam video yang diterima wartawan, Kamis 30 November 2023.

Baca Juga : Pemkab Bogor Ingin Geopark Nasional Pongkor Masuk Dalam UNESCO

Iwan menjelaskan, bahwa apa yang terjadi tersebut adalah kesalahpahaman. Sebab tidak ada sedikitpun maksud dirinya merendahkan atau tidak menghormati TNI.

Karenanya, dia berharap sinergi antara Pemkab Bogor Forkopimda khususnya TNI tetap bisa berjalan dengan baik seperti semula dan sebagaimana mestinya.

“Kami di Bogor, Forkopimda sangat kompak dan selalu saling mengisi seiring sejalan untuk menjaga kondusifitas di Kabupaten Bogor khususnya menghadapi Pileg Pilpres. Yang insya Allah, Bogor akan tetapi kondusif berkat kekompakan dari Forkopimda Kabupaten Bogor, itu yang bisa kami sampaikan sekali lagi atas nama pribadi mohon diterima maaf kami maaf saya atas kejadian tersebut,” kata Iwan.

Sebelumnya diberitakan, video berdurasi 41 detik yang memperlihatkan Bupati Bogor, Iwan Setiawan tidak menyalami Komandan Kodim (Dandim) 0621/Kabupaten Bogor Letkol Kav. Gan Gan Rusgandara dan salah seorang anggota TNI, viral di media sosial.

Dalam video yang beredar, Iwan terlihat hanya menyalami Kapolres Bogor, kemudian Kabid Lalin Dishub, dilanjutkan ke Kadishub Kabupaten Bogor.

Pada saat yang bersamaan,  Letkol Kav. Gan Gan memberikan hormat kepada Iwan Setiawan, namun Iwan melanjutkan salaman dengan Camat Parungpanjang, Icang.

Gan Gan yang berada persis di sampingnya dilewati salam oleh Iwan Setiawan meski sudah hormat kepadanya. Usai bersalaman dengan Camat Parungpanjang, tangan Iwan melewati dua tangan TNI sekaligus dan langsung bersalaman dengan Warga. 

Salah satu anggota TNI lainnya bahkan hormat sembari menunduk dan menempelkan tangannya ke pergelangan tangan Iwan untuk bersalaman, namun Iwan tetap melanjutkan salaman dengan warga terlebih dahulu. 


REDAKSI