JAKARTA, CEKLISSATU - Dalam info bocoran yang tersebar di jagad media, seri Iphone 15 bakal ada penambahan RAM. Selama ini Apple hanya menyediakan 4 dan 6 GB RAM saja.


Menurut laporan baru-baru ini, awalnya diterbitkan oleh TrendForce, dan kemudian diliput oleh MacRumors dalam artikel khusus, Apple dapat meningkatkan RAM smartphone kelas atas dengan jajaran iPhone 15.


Saat ini, keempat model dalam keluarga iPhone 14 menampilkan RAM 6 GB. Sumber tersebut mengklaim bahwa iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max dapat hadir dengan RAM 8 GB. Peningkatan kemungkinan akan terbatas pada model iPhone 15 premium dan akan mengalir ke model kelas bawah di masa mendatang.


Apple terkenal pelit dalam hal penyimpanan. Ini, ditambah dengan pengguna premium yang diharapkan membayar untuk perangkat perusahaan Cupertino, menghasilkan smartphone dengan label harga $1000+ dan RAM 6 GB yang sangat sedikit.


Agar adil, dalam hal iPhone, angka bukanlah segalanya. Karena betapa efisiennya iOS, 6GB sudah cukup untuk menangani kebutuhan sebagian besar pengguna. Namun, tampaknya Apple akhirnya akan membawa iPhone-nya sesuai dengan standar industri pada tahun 2023.

Baca Juga : iPhone 15 Pro Max Disiapkan Tampil Premium. Lalu Harganya?


Tetap saja, vanilla iPhone 15 dan dan iPhone 15 Plus juga bisa mengalami peningkatan yang sedikit lebih sederhana dalam bentuk RAM LPDDR5 yang lebih cepat. Namun demikian, ini mungkin peningkatan RAM pertama sejak debut iPhone 12 Pro, yang diluncurkan dengan RAM 6GB, 2GB lebih banyak dari pendahulunya dan iPhone 12 dan iPhone 12 mini yang dirilis bersamaan.


Perlu dicatat bahwa, mengingat seberapa jauh kita dari September ketika Apple biasanya meluncurkan iPhone baru. Namun demikian, dengan kemungkinan peningkatan RAM, arsitektur chip baru, dan port USB-C, ada banyak alasan untuk bersemangat dengan iPhone 15, yang kemungkinan akan menjadi salah satu ponsel terbaik untuk dibeli pada tahun 2023.

Baca Juga : Iphone 15 Kejutan di Tahun 2023. Diluncurkannya Kapan?