JAKARTA, CEKLISSATU - Apple tampaknya masih terus akan melakukan evolusi pada produk ponselnya. Setelah sukses mengeluarkan produk iPhone 14 Pro Max, kini sudah disiapkan iPhone 15 Pro Max yang akan menampilkan kesan premium.


Rumornya iPhone 15 Pro Max mungkin memiliki bezel tertipis yang pernah ada di smartphone. Klaim ini telah dilontarkan oleh Ice Universe, seorang leaker terkenal di Twitter, yang memperkirakan bahwa lebar bezel iPhone 15 Pro Max akan menjadi 1,55mm.


https://twitter.com/UniverseIce/status/1636641249057972226?t=ELzy5-r7fjca5XRmPmNdBA&s=19


Seperti yang ditunjukkan oleh Ice Universe, itu sebanding dengan pemegang rekor saat ini untuk bezel layar tertipis, yaitu Xiaomi 13 dengan ketebalan 1,81mm - sebuah fakta yang membantu membuat handset tersebut terlihat sangat apik.


MacRumors, yang melihat tweet tersebut, mengklarifikasi bahwa Xiaomi 13 sebenarnya memiliki bezel 1,61mm di tiga sisi – hanya 1,81mm di tepi bawah – tetapi bagaimanapun juga, Apple masih disetel untuk pengukuran terbaik ( secara teori).


Jika lebar bezel 1,55mm membuahkan hasil, mengingat bahwa iPhone 14 Pro berukuran 2,17mm, itu berarti Apple akan memangkas smartphone-nya hampir 30 persen.


Ini tentu saja tidak akan merugikan upaya iPhone 15 Pro Max untuk terlihat lebih premium, dan tidak diragukan lagi itu akan membuat beberapa hak membual yang bagus untuk melekat pada materi pemasaran.


Analisis:

Beberapa orang mungkin khawatir apakah bezel yang sangat tipis mungkin akan membuat bagian depan rapuh. Orang lain mungkin merasa bahwa iPhone sudah memiliki bezel yang cukup ramping, dan ini adalah 'peningkatan' yang tidak perlu. Namun, agar adil bagi Apple, melangsingkan bezel hingga hampir ke titik hilang kemungkinan akan meningkatkan daya tarik estetika dalam hal ekspektasi premium. 


Baru-baru ini, desas-desus dari selentingan mengindikasikan bahwa Apple bermaksud untuk menaikkan label harga pada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max (yang, setidaknya di AS, akan menjadi kenaikan harga pertama untuk handset kelas atas Apple sejak iPhone X memulai debutnya pada tahun 2017).


Desas-desus lain yang menunjukkan sifat premium dari tampilan iPhone 15 Pro Max termasuk spekulasi bahwa itu mungkin menggunakan panel Samsung generasi berikutnya yang bisa sangat cerah dan berkualitas sangat tinggi. Dan lebih jauh lagi, rumor tentang SoC A17 Bionic yang jauh lebih cepat, lebih banyak RAM (8GB, naik dari 6GB) untuk versi iPhone 15 Pro, plus kamera periskop (untuk zoom optik yang lebih baik). Kemunculan bingkai titanium juga bakal membebani untuk meningkatkan biaya produksi.


TechRadar Newsletter