JAKARTA, CEKLISSATU - Kementerian Agama (Kemenag) kembali merekrut jurnalis media menjadi bagian Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1445 H/2024 M.

Para jurnalis itu akan bersama pelaksana humas Kemenag tergabung dalam layanan Media Center Haji (MCH) PPIH Arab Saudi.

Staf Khusus Menteri Agama, Wibowo Prasetyo menyampaikan, pelibatan para jurnalis dan pelaksana humas Kemenag dalam PPIH Arab Saudi merupakan wujud komitmen Kemenag untuk memberikan layanan informasi yang utuh dalam penyelenggaraan ibadah haji
Baca Juga : 320 Peserta Lolos Seleksi Calon Petugas Penyelenggara Ibadah Haji 2024, Lanjut Ikuti Bimtek

Kemenag melalui Biro Humas, Data dan Informasi, bersama media akan melakukan penyebaran informasi terkait penyelenggaraan haji tahun ini,” ujar Wibowo, seperti dikutip dari laman Kemenag, Minggu 24 Maret 2024.

Wibowo mengatakan, dengan keberadaan MCH diharapkan publik juga bisa mengetahui tentang progres pelaksanaan penyelenggaraan haji.

“Jadi tidak perlu khawatir, semua informasi akan kita share kepada publik. Tidak hanya itu, edukasi pun akan kita lakukan bagi para jemaah dan keluarga mereka di Tanah Air,” ujar dia. 

Wibowo juga mengimbau agar masyarakat dapat menyerap informasi dari media-media yang terpercaya dan kredibel, serta tidak mudah terpengaruh oleh narasi negatif yang dikembangkan oleh pihak-pihak tertentu.

“Seluruh petugas adalah bagian yang tidak terpisahkan dari Humas penyelenggaraan ibadah haji. Kalau semua bertindak sebagai Humas, maka akan terjadi masifikasi informasi yang positif terhadap pelaksanaan ibadah haji,” tutup pria yang akrab disap Gus Bowo itu.