BOGOR, CEKLISSATU – Pj Bupati Kabupaten Bogor, Asmawa Tosepu sampaikan sejumlah capaian prestasi yang berhasil dicapai Bumi Tegar Beriman saat peringati Hari Jadi Bogor (HJB) ke-542, di Lapangan Tegar Beriman, Senin 3 Juni 2024.

Asmawa Tosepu mengatakan, pelaksanaan pembangunan daerah Kabupaten Bogor sudah mengalami kemajuan.

Dengan mengangkat tema HJB ke-542 "Babarengan, Akur, Makmur" atau “Berbaur”, yang bermakna, pentingnya sinergi, kebersamaan, kerukunan serta keharmonisan antar pemangku kepentingan dan segenap elemen masyarakat yang beragama, demi mewujudkan Bumi Tegar Beriman, Kabupaten Bogor yang maju, makmur, sejahtera, berkeadilan dan berkelanjutan.

“Dengan jalinan sinergi dan kolaborasi yang baik antara Forkopimda, aparatur, stakeholder dan elemen masyarakat, di masa transisi ini pelaksanaan pembangunan daerah baru-baru ini telah meraih sejumlah capaian dan kemajuan,” kata Asmawa Tosepu.

Asmawa tosepu menambahakan, salah satu capaian Kabupaten Bogor juga, di antaranya hasil penilaian Ombudsman Republik Indonesia untuk pelayanan publik di Kabupaten Bogor 96,15 poin, berada di zona hijau dengan opini kualitas tertinggi.

Kemudian, meraih juara pertama dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM) awards 2024, kategori kabupaten dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Serta meraih penghargaan kearsipan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dengan hasil kategori “A” atau memuaskan, dan memperoleh kinerja terbaik di Provinsi Jawa Barat.

“Selanjutnya, terkait capaian pembangunan, beberapa waktu lalu kita telah melakukan kick off ujicoba operasionalisasi Mall Pelayanan Publik (MPP) yang menjadi sejarah baru dalam tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik di Kabupaten Bogor dalam rangka menghadirkan pelayanan publik yang berkeadilan,” terang dia.

Asmawa menambahkan, untuk  memastikan semua warga Bumi Tegar Beriman dapat menikmati kemudahan fasilitas pelayanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas,, pemerintah mengoptimalisasi program Universal Health Coverage (UHC).

“Berbagai capaian tersebut merupakan bagian dari upaya Pemkab Bogor untuk senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat serta dalam rangka transformasi pemerintahan dan pelayanan publik yang sebelumnya konvensional menuju modern, manual menjadi digital, lambat menjadi cepat, susah menjadi mudah, dan yang tadinya mahal menjadi lebih efisien,” ujar Asmawa Tosepu.

Asmawa menjelaskan, segala prestasi yang diraih, tentunya merupakan buah dari upaya kolektif yang telah dirintis sejak lama.

Oleh karena itu, peringatan HJB hendaknya juga menjadi momentum untuk mengingatkan kita bahwa setiap capaian pembangunan yang kita raih saat ini merupakan penjumlahan atas kerja keras para pendahulu kita.

“Yang kemudian kita lanjutkan, sehingga Bumi Tegar Beriman menjadi daerah yang sangat luar biasa seperti saat ini, dan sebagai wujud syukur dan terima kasih kepada para pendahulu kita, kita harus bertekad untuk tetap bekerja dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan daerah kita tercinta,” tandas Asmawa Tosepu.