BOGOR, CEKLISSATU - Pembangunan Skybridge yang menghubungkan Stasiun Bogor dan Stasiun Paledang dijadwalkan selesai pada akhir Januari 2024, meskipun mengalami beberapa keterlambatan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bogor, Marse Hendra saputra mengatakan bahwa awalnya Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Jawa Barat menargetkan selesainya proyek oleh Kemenhub pada September 2023. Namun, Pemkot Bogor kemudian menetapkan target akhir Desember 2023.

"Informasi terbaru dari BTP Bandung menunjukkan bahwa proyek telah mencapai tahap finalisasi. Kami berharap, tanpa hambatan, pekerjaan selesai pada akhir Januari," ucapnya pada Rabu, 10 Januari 2024.

Baca Juga : Prabowo Dorong Pembangunan Tanggul Laut di Pantura untuk Cegah Warga Terdampak Banjir Rob

Sebelumnya, Pemkot Bogor, BTP Bandung, dan PT KAI telah mengadakan pembahasan terkait Skybridge di kantor Setda Kota Bogor. "Pembahasan fokus pada kajian fungsional Skybridge dan JPO Paledang-MA Salmun," ungkapnya.

Rencananya, peresmian Skybridge akan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, namun masih menunggu waktu yang tepat mengingat Pemilu akan berlangsung pada akhir Januari.

Proyek senilai Rp88 miliar ini akan mengintegrasikan kawasan Stasiun Bogor, Jalan Kapten Muslihat, dan Alun-alun Kota Bogor. Desainnya futuristik dengan gate, tangga, eskalator, dan lift untuk memudahkan penumpang. Beberapa pintu Skybridge akan terhubung dengan Taman Topi Square, pusat perbelanjaan di sekitar.

Selain itu, ada rencana spot dagang untuk pelaku UMKM di area Skybridge, sebagai upaya mendukung perekonomian lokal.