JAKARTA, CEKLISSATU.COM - Bantuan kemanusiaan dari Indonesia untuk bencana gempa bumi di Turki telah tiba di Ankara, Turki. Bantuan logistik dibawa menggunakan Pesawat Hercules C-130 TNI AU di bandara militer Etimesgut, Ankara yang juga sebagai misi perdana pesawat tersebut.


Selanjutnya Pesawat Hercules C-130 TNI AU yang diperbantukan Pemerintah Turki  mengangkut bantuan logistik dari bandara militer Etimesgut ke Kahramanmaras, salah satu daerah yang paling parah terkena dampak gempa (15/02).


“Hari ini kami telah mulai mengangkut logistik kemanusiaan dari Ankara ke Kahramanmaras, salah satu daerah yang paling terkena dampak. TNI AU bangga bisa membantu meringankan beban saudara-saudara kita di Türkiye. Hal ini sesuai dengan harapan Menhan dan pimpinan TNI ketika memutuskan untuk mengerahkan pesawat ini ke Türkiye,” jelas Komandan Penerbang, Kolonel (PNB) Wisoko


“Kami terus berkoordinasi dengan Angkatan Udara Turki dan AFAD untuk jadwal penerbangan berikutnya. Yang jelas kami siap membantu saudara-saudara kami 24 jam sehari," tambah mantan Atase Pertahanan KBRI Tokyo itu.


Dilansir dari KBRI Ankara, sejak gempa 6 Februari 2023, Pemerintah Turki terus mengerahkan logistik ke daerah-daerah yang terdampak bencana. Ribuan alat berat dikirim dari berbagai daerah di Türkiye​ untuk melakukan penggalian bangunan yang runtuh dan menyiapkan tempat evakuasi. Perbekalan tenda, makanan dan kebutuhan lainnya untuk para korban juga terus didatangkan. Sementara itu, banyak jalur suplai logistik melalui jalur darat yang tidak berfungsi akibat gempa. Pengangkutan logistik melalui jalur udara, khususnya dengan pesawat angkut militer, merupakan pilihan terbaik yang dapat dilakukan saat ini.


Sumber: KBRI Ankara