BANDUNG, CEKLISSATU - Masjid Raya Al Jabbar Gedebage akan ditutup sementara selama dua pekan, dari 27 Februari pukul 00:00 WIB sampai 13 Maret 2023. Penutupan tempat ibadah ini untuk penataan dan pemeliharaan. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjelaskan, penataan dan pemeliharaan Masjid Raya Al Jabbar bertujuan menciptakan kenyamanan beribadah dan menghadirkan pelayanan yang baik menyambut Bulan Suci Ramadan.

"Agar Bulan Ramadhan kita bisa beribadah di sana dengan tenang, tertib dan bersih maka akan dilakukan penutupan sementara," kata Ridwan Kamil, Jumat 24 Februari 2023. 

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja menuturkan, penataan dan pemeliharaan Masjid Raya Al Jabbar mencakup semua aspek, seperti perbaikan sejumlah kerusakan akibat tingginya animo jemaah yang datang, pemeliharaan taman tematik, kolam retensi, area luar dan dalam Masjid Raya Al Jabbar. 

"Hampir semua aspek kita lakukan penataan, perbaikan, dan pemeliharaan. Perbaikan dan penataan Kawasan Al Jabbar terutama dilakukan agar pada saat Bulan Ramadan, jemaah bisa khusyuk beribadah tanpa gangguan keamanan dan ketertiban," katanya.

Penataan dan pemeliharaan tersebut mencakup penataan PKL, alur pengunjung, dan parkir. "Tentu ini melibatkan banyak pihak, termasuk masyarakat di sekitar," terangnya.  

Atas penutupan sementara Kawasan dan Masjid Raya Al Jabbar, Setiawan menyampaikan permohonan maaf dan meminta pengertian kepada masyarakat.

"Insyaallah setelah penataan dan pemeliharaan ini selesai, jemaah dapat kembali datang ke Al Jabbar dan beribadah dengan tertib, aman, dan nyaman," ucap Setiawan.