BOGOR, CEKLISSATU - Komunikasi adalah salah satu ilmu yang kerapkali dianggap remeh sebagai "ilmu ngomong" oleh banyak orang. Hingga saat ini pula, masih banyak yang menganggap remeh ilmu ini dan menganggapnya tak penting. Namun, harus diketahui bahwa Komunikasi memiliki cakupan bahasan yang luas dan jelas bukan sekadar ilmu tentang berbicara. Berangkat dari gagasan ini, Mahasiswa Sains Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (Unida) Angkatan 2021 dan 2022 mempersembahkan acara Lokakarya Komunikasi yang digelar pada dari hari Kamis, 25 Januari hingga Jumat, 26 Januari 2024 di Lobby FISIP dan FEB Unida.

Lokakarya ini dihelat dalam rangka memperlihatkan luaran produk Komunikasi yang tak terbatas hanya pada Public Speaking dan berita saja, serta menunjukkan karya-karya mahasiswa berprestasi Sains Komunikasi FISIP Unida yang sudah banyak menorehkan juara di bidang Komunikasi selama tahun 2023 lalu. 

Dekan FISIP Unida Ginung Pratidina mengucap, syukur sekaligus memuji kerja keras para mahasiswa Sains Komunikasi FISIP Unida dalam mempersiapkan acara Lokakarya Komunikasi 2024 ini dengan sepenuh hati. 

Baca Juga : Kirimkan 4 Atlet untuk Jabar, Debus Targetkan Tiga Medali Emas di PON 2024

"Ini adalah acara prestisius. Persembahan dari mahasiswa Sains Komunikasi FISIP Unida. Harapannya semoga acara ini sukses sampai esok hari dan bisa menambah pengalaman serta kemampuan para mahasiswa," pesannya. 

IMG-20240125-WA0214.webp

Wakil Dekan Akademik, Irma Purnamasari turut menyampaikan rasa bangga atas terselenggaranya Lokakarya Komunikasi ini.

"Pameran ini adalah hasil kerja keras mahasiswa Sains Komunikasi. Mahasiswanya sangat kreatif dan juga inovatif dalam melahirkan ide-ide pintar ini. Temen-temen dari SMA pun juga bisa seperti mahasiswa-mahasiswa di sini asal terus mau belajar," ujarnya. 

Dosen Pengampu Mata Kuliah Komunikasi Visual, Maria Fitriah mengungkapkan bahwa karya-karya dalam Lokakarya Komunikasi ini merupakan hasil tugas mahasiswa dari 3 mata kuliah yang diajar yakni Bahasa Jurnalistik, Komunikasi Visual, dan Teori Komunikasi

"Ke depannya, ada kemungkinan besar acara seperti ini akan melibatkan gabungan dari mata kuliah lainnya. Bahkan bisa saja lebih banyak, lebih kreatif, dan tentunya makin seru untuk melihat karya-karya keren mahasiswa ini bersama ditunjukkan ke khalayak," ucapnya. 

Apriansyah selaku perwakilan dari Tim Pameran Lokakarya Komunikasi menyatakan bahwa karya-karya mahasiswa Sains Komunikasi yang ditunjukkan pada acara Lokakarya ini beragam jenis bentuknya dan berasal dari ide-ide kreatif para mahasiswa sendiri. 

"Iya, acaranya sendiri bertujuan buat ngenalin karya-karya mahasiswa Sains Komunikasi yang bentuknya tuh nggak cuma berita melulu. Ada jurnalisme ilmiah dan jurnalisme populer di media sosial, ada yang bikin podcast, newsgame, ada juga yang bikin website. Jadi, memang macam-macam produk Komunikasi yang kami pamerkan ini," ungkapnya. 

Acara Lokakarya Komunikasi yang berlangsung sejak pagi hari telah ramai dihadiri oleh banyak pengunjung yang penasaran, mulai dari masyarakat lingkungan internal hingga eksternal Unida. Salah satunya adalah Anisa Fitria dari SMA Amaliah yang berseru bahwa acara ini sangat membuka matanya mengenai jurusan Sains Komunikasi yang ternyata berbeda dari pikirannya selama ini. 

"Acaranya seru dan karyanya beragam juga bagus-bagus. Nggak nyangka kalau Komunikasi tuh, seluas itu dan nggak cuma soal Public Speaking aja. Informatif banget."