BOGOR, CEKLISSATU - Mahasiswa Program Studi Sains Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) kembali menorehkan prestasi. Kali ini, raihan prestasi tersebut dipersembahkan Tiga Mahasiswa Baru tahun 2023, yakni Ayunisa Nurrahmah Juara Satu peraih Medali Emas Karate Nusantara Open Championship 2023, Willy Widinia Juara Dua Peraih Medali Perunggu bidang Sosiologi Indonesia Advance Student Competition (IASC), dan Muhammad Ridwan Juara Tiga Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional Tarung Derajat Jawa Barat 2023,

Dekan FISIP UNIDA, Ginung Pratidina, menyampaikan rasa bangga atas raihan prestasi mahasiswa baru FISIP UNIDA ini. Ia menyampaikan, prestasi mahasiswa baru ini menjadi langkah awal mahasiswa baru menorehkan banyak prestasi lainnya dan mendukung visi UNIDA sebagai Universitas Unggul pada tahun 2026. 

“Alhamdulillah mahasiswa kami kembali menorehkan prestasi. Apalagi kali ini, diraih oleh mahasiswa baru yang mudah-mudahan kedepannya selalu  semangat dalam menorehkan prestasi lainnya. Prestasi ini juga tentunya mengharumkan nama kampus UNIDA bahkan sangat mendukung renacan kampus yang menargetkan menjadi Universitas Unggul pada tahun 2026,” tuturnya. 

Baca Juga : Bangun Keahlian Bermedia Sosial, Fun Radio FISIP Unida Adakan Workshop "How to Produce Creative Content"


Ginung Pratidina juga mengapresiasi apa yang sudah diraih oleh Tiga Mahasiswa Baru ini. Ia berharap, mahasiswa FISIP dari Program Studi Administrasi Publik maupun Sains Komunikasi dapat terus semangat belajar, berdampak bagi masyarakat dan mengukir prestasi.


Sebagai Informasi, Karate Nusantara Open Championship 2023 yang digelar di GOR PMPM TNI pada Minggu (5/11/2023) diselenggarakan oleh Liandra Project sebuah komunitas yang berfokus pada bidang karate dan mengelola atlet karate senior seperti senpai, sensei dan binaan atlet karate. Perlombaan ini diikuti oleh atlet karate dari berbagai wilayah di Indonesia, seperti Aceh, Depok, Bekasi dan Bogor. 


Sedangkan, Indonesia Advance Student Competition (IASC) merupakan lembaga yang rutin mengadakan kompetisi lomba akademik untuk menunjang mahasiswa di Indonesia meningkatkan prestasi mereka. Tak hanya Sosiologi, bidang Matematika, Ekonomi dan Kebumian pun turut dilombakan pada ajang ini.


Sementara itu, Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (BK PON) Tarung Derajat Jawa Barat 2023 digelar untuk meningkatkan pembinaan dan kualitas para atlet dan menjadi ajang evaluasi dalam mematangkan persiapan menghadapi PON XXI.


Ayunisa Nurrahmah, selaku Juara 1 sekaligus Peraih Medali Emas Karate Nusantara Open Championship 2023, mengungkapkan rasa syukurnya karena berhasil menjadi juara. Sebelumnya, Ayunisa menyebut, dirinya memang sering mengikuti perlombaan karate sejak duduk di bangku sekolah.


“Alhamdulillah saya bersyukur sekali bisa membawa pulang kejuaraan karate lagi. Sebelumnya saya juga sudah memiliki prestasi di bidang karate. Kesan saya selama mengikuti loba kemaren, seru banget dan di sana juga banyak ketemu orang-orang yang luar biasa keren, membuat saya termotivasi untuk lebih rajin latihan,” ungkapnya. 


Senada dengan Ayunisa, Willy Widinia Peraih Medali Perunggu bidang Sosiologi Indonesia Advance Student Competition (IASC) juga turut melontarkan rasa syukurnya atas prestasi yang berhasil ia raih dalam mengikuti perlombaan pertama kalinya. 


Willy menuturkan, dirinya merasa senang saat namanya keluar sebagai Juara 2 bidang Sosiologi dan meraih Medali Perunggu bersanding dengan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) sebagai juara pertama dan Universitas Negeri Surabaya (UNESA) sebagai juara Tiga. 


“Saya sangat bersyukur kepada Allah atas kehendak dan keridhoan-Nya, saua bisa ikut lomba ini dan diberikan kelancaran. Saya amat begitu senang karena ini merupakan prestasi pertama saya oada jenjang kuliah. Semoga ke depannya saya bisa meraih prestasi lebih dari ini dan hal ini pula yang menumbuhkan rasa percaya diri saya untuk terus berkembang padadunia pendidikan,” terangnya. 


Pada kesempatan yang sama, Muhammad Ridwan sebagai Juara Tiga Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional Tarung Derajat Jawa Barat 2023, mengucapkan rasa syukurnya atas keberhasilannya menjuarai lomba ini. 


“Kejuaraan kali ini sangat menakjubkan. Saya sangat merasa semangat dancukup terkejut saat berhadapan dengan lawan yang memiliki kemampuan di luar ekspektasi. Semoga ke depannya lebih banyak menorehkan prestasi lagi,” ucap Ridwan.


Selain mahasiswa baru, baru-baru ini mahasiswa Sains Komunikasi FISIP UNIDA juga meraih prestasi, diantaranya, mahasiswa Sains Komunikasi semester 7 Ruben Bentiyan dan Muhammad Fatkhul Hidayat sebagai juara Dua lomba Gagasan dan Ide Kepemiluan, pada Selasa (14/11/2023) 


Selain itu, Hapiz Hamzah mahasiswa semester 3, Juara Harapan Dua pada Indonesia Open National Kategori Intermediate Open Male pada November 2023 dan Nanda Akmal Maulana, mahasiswa semester 5 sebagai Juara dua Indonesia Open National Kategori Intermediate Open Male pada November 2023.