JAKARTA, CEKLISSATU - Implementasi Kurikulum Merdeka untuk melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing, insan pendidik harus menjadi contoh dan suri tauladan. 

"Insan pendidik harus memberikan contoh bagaimana pendidikan karakter menjadi agen perubahan yang bermanfaat untuk generasi muda,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Hikmat Ginanjar seperti dikutip dari keterangannya, Minggu 24 September 2023.

Hikmat mengatakan, Kurikulum Merdeka harus diimplementasikan dengan sungguh-sungguh, sebagai respon cepat dalam agen perubahan. 

Baca Juga : Hardiknas 2023, Pemkab Bogor Fokus Realisasikan Kurikulum Merdeka 

Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar,” ujarnya. 

Mulai dari pengembangan soft skill dan karekter, fokus pada materi esensial, relevan yang mendalam sehingga ada waktu untuk membangun kreatifitas dan inovasi. 

Selain itu, terdapat pembelajaran yang fleksibel, memberikan keleluasaan pada guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan masing-masing murid.

“Kita harus implementasikan Kurikulum Merdeka, dimana pembelajaran berpusat pada siswa, sehingga tiap siswa itu punya potensi kecerdasan," tutup dia.