JAKARTA, CEKLISSATU - Ketua Umum PWI Pusat Zulmansyah Sekedang menghadiri acara puncak Anugerah Jurnalistik Mohammad Hoesni Thamrin 2024, yang digelar Rabu (28/8) di Ruang Pola, lantai 2 Gedung Balai Kota, Pemprov DKI Jakarta. Hadir juga anggota Dewan Pers Tri Agung Kristianto, Ketua Dewan Penasihat PWI Pusat Ilham Bintang, jajaran Pengurus PWI Pusat, serta para tamu undangan.

Tentu saja kehadiran mereka menambah kesemarkakan acara puncak Anugerah Jurnalistik MHT Award 2024 ini. Zulmansyah Sekedang, yang langsung datang dari kediamannya di Pekanbaru, Riau, mendapatkan penghargaan dengan memberikan trofi dan hadiah kepada pemenang salah satu kategori lomba.

Demikian juga dengan Tri Agung Kristianto dan Ilham Bintang. Wajah keduanya tampak berbinar-binar saat berada di tengah-tengah para pemenang. 

"Selamat kepada para pemensng. Saya senang berada di acara ini, sebuah kegiatan yang sangat konstruktif. Saya ikuti setiap acara anugerah MHT Award. Luar biasa kolaborasi PWI DKI Jakarta dengan Pemprov DKI Jakarta ini," tutur Ketua Umum PWI Pusat Zulmansyah Sekedang.

Tri Agung Kristianto hadir mewakili Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu. Wakil Pemimpin Redaksi Kompas tersebut juga mengaku senang karena wartawan dari Grup Kompas ikut menjadi yang terbaik di tiga kategori.

Anugerah Jurnalistik MH Thamrin Award adalah kolaborasi tahunan PWI Jaya dengan Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistika (Diskominfotik) Pemprov DKI Jakarta. 

Diskominfotik Pemprov DKI Jakarta memberikan hadiah utama masing-masing Rp15 juta kepada pemenang utama setiap kategori. Sementara, untuk dua nominasi dari kategori ketujuh, masing-masing mendapatkan Rp2,5 juta dari PWI Jaya.

Peserta MHT Award 2024 ini mencapai rekor. Panitia menjaring lebih dari 700 peserta sejak 31 Mei 2023 hingga 1 Juni 2024. Dari sekitar 700 karya jurnalistik yang terjaring, setelah beberapa kali tahapan seleksi, tersaring 21 nominasi yang komprehensif dalam tujuh kategori berbeda.

Anugerah Jurnalistik MH Thamrin 2024 ini menjadi lebih istimewa karena merupakan pemberian penghargaan bagi insan media Ibu Kota yang ke-50, menjadikannya tonggak sejarah dalam dunia jurnalistik Indonesia.

Ketua PWI Jaya, Kesit B. Handoyo, mengungkapkan rasa bangganya atas suksesnya penyelenggaraan MHT Award ke-50 tahun ini.

“Kami sangat senang dengan antusiasme yang ditampilkan oleh rekan-rekan media. Gelaran ini menunjukkan betapa pentingnya apresiasi terhadap karya jurnalistik yang berkualitas,” ujar Kesit.

Panitia pelaksana MHT Awards 2024 juga berencana meningkatkan jumlah hadiah uang sebagai bentuk penghargaan lebih besar kepada para pemenang.

Dengan ini, MHT Awards 2024 tidak hanya menjadi ajang penghargaan, tetapi juga motivasi bagi para jurnalis untuk terus berkarya dan berinovasi.

MHT Award diharapkan dapat terus menjadi inspirasi bagi jurnalis di seluruh Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas dan integritas dalam berkarya.

Acara MHT Awards 2024 terselenggara baik dan sukses berkat partisipasi dari para mitra kerja.

Yakni  PT ASDP Indonesia Ferry, Bulog, Polda Metro Jaya, BTN, PLN UID Jakarta Raya, Sportify,  Taman Impian Jaya Ancol, Artha Graha,  BNN, Pelindo, Djarum Fondation, PT Mustika Alam Lestari, TPK Koja, Bakrie Amanah, Bank DKI, PT Pelni, Sidomuncul, Indonesia Police Watch (IPW), IRC Tire, PT Berkat Indah Garment, FSMI, PN Jakarta Selaran, Ekomando, Gloskin, Klinik Bedah Plastik Queen, Sante Rejuvenozone dan Sepatu Bocorocco.