BOGOR, CEKLISSATU - Gedung Graha Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Bogor yang berlokasi di Jalan KH. Abdullah bin Nuh, Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, akhirnya diresmikan pada Selasa, 11 April 2023.

Peresmian ditengah bulan Ramadan ini, secara simbolis dilakukan dengan pemotongan pita serta penandatanganan prasasti oleh Ketua Umum (Ketum) Kadin Indonesia M. Arsjad Rasjid P.M bersama Wali Kota Bogor, Bima Arya dan Ketua Kadin Jawa Barat, Cucu Sutara.

Baca Juga : Tingkatkan Geliat Ekonomi dan Pariwisata, PHRI Kabupaten Bogor Gelar Ramadan Festival

Pada kesempatan itu, Ketum Kadin Indonesia, M. Arsjad Rasjid P.M mengapresiasi berdirinya Graha Kadin Kota Bogor dengan konsep yang futuristik dibawah kepemimpinan Almer Faiq Rusydi.

Menurutnya, berdirinya Graha Kadin Kota Bogor menjadi kebanggaan Kadin Jawa Barat dan Kadin Indonesia, sebab apa yang dicontohkan Kadin Kota Bogor untuk mempunyai gedung ini tidak lain lantaran adanya kolaborasi dan sinergi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

"Tinggal sekarang bagaimana outputnya supaya bisa membantu para pengusaha di Kota Bogor, termasuk masyarakat sehingga nanti apa yang dilakukan kadin bisa membantu perekonomian, bermanfaat dan dirasakan oleh masyarakat khususnya di Kota Bogor," ucapnya.

M. Arsjad berharap bahwa transformasi yang dilakukan Kadin Kota Bogor kedepan dapat menciptakan Kota Bogor lebih baik, dibanggakan dan menjadi kota metropolitan di Jawa Barat.

"Saya sangat mengapresiasi hal itu, serta apresiasi juga kepada Pemerintah Kota Bogor yang menjaga inflasi dan perkembangan ekonomi dengan baik. Pun harus ada peran serta semua pihak tentunya dalam hal ini untuk bergotong rotong bagaimana mempertahankan ekonomi yang baik di Kota Bogor, Jawa Barat dan Indonesia," ungkapnya.

IMG_20230411_170837.jpg
Penandatanganan prasasti pada peresmian gedung Graha Kadin Kota Bogor oleh Ketua Kadin Indonesia; M. Arsjad Rasjid, Wali Kota Bogor; Bima Arya Sugiarto dan Ketua Kadin Jawa Barat; Cucu Sutara pada Selasa, 11 April 2023. (Taufik/ceklissatu)

Ditempat yang sama, Wali Kota Bogor Bima Arya turut mengapresiasi kiprah Kadin Kota Bogor dibawah kepemimpinan Almer Faiq Rusydi, termasuk kiprah Ketua Kadin Indonesia, M. Arsjad Rasjid P.M yang luar biasa sehingga menginspirasi teman-teman kadin di Kota Bogor.

"Saya menantang teman-teman kadin dimasa akhir jabatan saya ini untuk bisa melakukan kolaborasi yang konkret bersama pemerintah kota. Mungkin dalam waktu dekat kami akan melakukan komunikasi lebih intens untuk bagaimana kedepan melakukan langkah-langkah yang konkret," singkatnya.

Apresiasi lain pun diungkapkan oleh Ketua Kadin Jawa Barat, Cucu Sutara. Menurutnya, transformasi yang dilakukan Kadin Kota Bogor menjadi kebanggaan bagi Jawa Barat, tinggal bagaimana kedepan bisa berkontribusi untuk Kota Bogor menjadi lebih baik.

Cucu berpesan bahwa kadin harus terus berprestasi, bersinergi, berkolaborasi, inklusif dan implementatif. Pasalnya, lanjut Cucu, kedepan usaha akan semakin sulit, tantangan semakin besar sehingga diharapkan kekompakan dan kebersamaan yang dibuat Kang Almer harus lebih ditingkatkan karena kunci dari kesulitan usaha adalah bersinergi, kolaborasi yang inklusif atau terbuka. 

"Dan tentunya implementatif, bukan hanya tentang persoalan atau permasalahan tetapi bagaimana kadin menjadi bagian solusi dari persoalan ekonomi khususnya di Kota Bogor," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Kadin Kota Bogor, Almer Faiq Rusydi menambahkan bahwa gedung Graha Kadin Kota Bogor sudah mulai didirikan di tahun 2013, kemudian mendapat anggaran hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, pun tanahnya hibah dari Pemerintah Kota Bogor di era wali kota Pak Diani Budiarto.

"Jadi bangunan gedung ini sudah mulai dibangun di masa kepemimpinan kadin oleh Pak Erik Irawan Suganda. Adapun Perubahan gedung ini mulai dari lobby, selasar lantai satu, ada ruangan-ruangan wakil ketua, bidang-bidang dan sebagainya, bahkan ada auditorium yang di beri nama M. Arsjad Rasjid P.M selaku Ketua Kadin Indonesia, serta terdapat juga ALB, PHRI, ASITA dan IWAPI," katanya.

Terkait output kedepan, Almer mengaku Insyaallah pihaknya akan membuktikan bahwa kadin bisa bermanfaat bagi para pelaku usaha hingga dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Kota Bogor.