BOGOR, CEKLISSATU - Kendaraan bus dan truk yang akan melintas ke kawasan Puncak menjalani ramp check oleh petugas gabungan di KM 45, Tol Jagorawi, Kabupaten Bogor. Pengecekan ini dalam rangka libur Natal dan Tahun Baru 2024.

"Ini dalam rangka persiapan Natal dan Tahun Baru, yang menjadi kewajiban kita untuk melakukan pengecekan terhadap kendaraan, khususnya yang menuju kawasan Puncak," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor Agus Ridho, Jumat (22/12/2023).

Adapun yang menjadi target pengecekan yakni bus dan truk. Seluruh komponen kendaraan termasuk kelengkapan surat diperiksa oleh petugas.

Baca Juga : 11 Wanita Diduga PSK Diamankan Satpol PP di Cibinong

"Yang kita lakukan pengecekan adalah pertama angkutan barang, karena memang itu tonasenya cukup besar. Kemudian kedua bus yang membawa penumpang. Ini betul-betul kita lakukan pengecekan terhadap kondisi sopirnya, dites urine. Kemudian kelayakannya juga kita cek semua," terangnya.

Tak hanya itu, sopir pun tak luput pemeriksaan salah satunya dengan tes urin. Sehingga, dipastikan sopir tidak menyalahgunakan narkotika.

"Pengecekan ini masih berlangsung. Sementara tes urine belum ada yang positif. Tentunya kita lakukan sanksi sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku. Nanti dari kepolisian akan melakukan tindakan, dan mudah-mudahan semua yang kita periksa tidak banyak yang melanggar," pungkasnya