BOGOR, CEKLISSATU Jalur Puncak Bogor akan diberlakukan Ganjil Genap guna mengurai kemacetan di wilayah tersebut. Ganjil genap itu akan diberlakukan pada 29 hingga 31 Desember 2023. Hal tersebut disampaikan Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan ketika memantau lalu lintas di TMC Polres Bogor, Kamis (28/12/2023).

Aan Suhanan menilai, kawasan Puncak adalah destinasi favorit bagi para wisatawan yang akan menghabiskan liburan tahun baru.

"Melihat kemarin ada 50.000 lebih kendaraan yang masuk ke Puncak padahal kapasitas jalur Puncak hanya 40.000 dalam satu hari ada kapasitas yang berlebih sehingga kita melakukan upaya rekayasa lalu lintas,” ungkapnya.

Baca Juga : Jelang Tahun Baru Tingkat Hunian Hotel di Cianjur Meningkat 70 persen

Selain itu, Korlantas juga akan melakukan pembatasan kendaraan yang bakal melalui Puncak. Baik itu dari arah Gadog maupun arah Cianjur pada pukul 13.00 WIB tanggal 31 Desember 2023.

"Kita akan menutup jalur yang akan ke Puncak," ucapnya.

“Baik dari arah Jakarta, atau Bandung, Cianjur akan kita tutup pada 18.00 WIB, kemudian akan kita clearance pada jam 21.00 WIB kita akan berlakukan Car Free Night di sepanjang jalur puncak," tambahnya.

"Dan beberapa tempat wisata dan tempat yang nantinya akan dihabiskan untuk melepas Tahun 2023 oleh masyarakat di daerah Puncak," lanjutnya.

Aan Suhanan mengimbau masyarakat yang berencana melakukan perjalanan untuk menghabiskan malam tahun baru di Puncak segera naik ke atas pukul 15.00 WIB, untuk mengantisipasi kemacetan.

"Kemudian bagi warga dan masyarakat yang lain yang tidak menginap di Puncak silahkan nanti kita (petugas) sudah mengatur jalur-jalur alternatif mengarah ke Puncak, jalur alternatif sudah cukup baik," ujarnya. 

"Kita akan berikan petunjuk arah, kemudian akan dijaga oleh personel kita bagi masyarakat yang menginap di daerah Puncak, tapi pukul 21.00 WIB sudah clear tidak ada yang masuk area Puncak," pungkasnya.